Rasiyo Dorong Sinergi DPRD Jatim dan Pemprov Jalin Komunikasi Efektif

Sabtu, 07 Sep 2024 06:31 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Anggota DPRD Jawa Timur Rasiyo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

jatimnow.com - Anggota DPRD Jawa Timur Rasiyo menegaskan pentingnya peran strategis legislatif dalam memastikan jalannya pemerintahan yang efektif dan sinergis dengan eksekutif.

Rasiyo menilai bahwa pengalamannya di pemerintahan eksekutif memberikan perspektif yang berharga dalam menjalankan fungsi legislasi.

Politisi asal Surabaya itu mengungkapkan bahwa sebagai seorang yang pernah terlibat langsung dalam pelaksanaan pemerintahan. Ia memahami betul bagaimana kebijakan dibuat dan diimplementasikan.

Baca juga: DPRD Jatim Minta Pemprov Awasi Ketat Cagar Biosfer TNBTS - Arjuno

"Pergeseran dari eksekutif ke legislatif ini justru berdampak baik, karena saya sudah pernah berada di posisi pelaksana pemerintahan dari peraturan yang disiapkan oleh legislatif," ungkap Rasiyo yang juga mantan Sekda Provinsi Jawa Timur periode 2009-2013, Jumat (6/9/2024).

Lebih lanjut, Rasiyo menyoroti bahwa salah satu permasalahan yang sering muncul antara eksekutif dan legislatif adalah kurangnya komunikasi yang baik. Hal ini sering kali menjadi akar masalah yang menyebabkan kebijakan tidak berjalan secara optimal.

Baca juga: Baru Dilantik jadi Anggota DPRD Jatim, Puguh Terina Aspirasi Mahasiswa

Dengan pemahaman mendalam mengenai proses pemerintahan di kedua sisi, ia berharap bisa menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara eksekutif dan legislatif.

\

“Sejumlah permasalahan yang diakari oleh kurangnya komunikasi bisa kita antisipasi bersama, sehingga eksekutif dan legislatif bisa berjalan berdampingan,” terangnya.

Untuk itu, Rasiyo mengingatkan pentingnya bagi para anggota DPRD untuk berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam setiap pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan.

Baca juga: Materi dari KPK Pungkasi Orientasi DPRD Jatim 2024

Menurutnya, kedua dokumen perencanaan tersebut adalah panduan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para wakil rakyat.

“Kita harus berpedoman pada RPJPN dan RPJMD. Jangan sampai menyimpang,” tegasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler