Penumpang di Terminal Bungurasih Terlantar, Dishub: Sudah Teratasi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Kondisi Terminal Bungurasih (foto: akun twitter @sther_chan), Sabtu (15/12/2018)

jatimnow.com - Terlantarnya sejumlah penumpang untuk berbagai jurusan di Terminal Bungurasih (Purabaya) sudah berhasil diatasi petugas dinas perhubungan (Dishub).

Hal itu dipastikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, Sabtu (15/12/2018) petang. "Malam ini sudah teratasi, penumpang yang tadi menumpuk sudah mandali (aman dan terkendali) dan saat ini sudah landai," jawabnya saat dikonfirmasi jatimnow.com.

Ia menyebut, penumpukan penumpang di terminal kelas A tersebut akibat terlambatnya sejumlah armada bus yang mengarah Bungurasih di Waru, Sidoarjo.

"Kedatangan armada bus terlambat akibat kemacetan di jalur kawasan Malang dan lainnya," terang Irvan.

Dari informasi yang masuk ke Dishub Surabaya, bus-bus itu salah satunya terjebak kemacetan di luar kota seperti jurusan malang-Surabaya pulang pergi (PP).

Baca juga:  Bus di Terminal Bungurasih Langka, Penumpang Dikabarkan Terlantar

Menurutnya, proses penguraian penumpukan penumpang itu juga dilakukan setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim dan operator bus untuk pengalihkan bus antar kota antar provinsi (AKDP) serta Bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Kami menghubungi perusahaan otobus (PO) untuk alih trayek jurusan yang tidak sibuk dan untuk rute pendek koordinasi dengan Damri," bebernya.

Sementar, Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fiqser juga membenarkan sempat ada penumpukan penumpang di terminal Bungurasih dengan alasan yang sama.

"Memang ada terlambat karena lalu lintas dan ada hambatan di Nganjuk. Armada (bus) yang kembali ke Surabaya akhirnya terlambat. Tapi semua sudah tertangani begitu pula dengan arah jalur pendek juga sudah normal," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, langkanya armada bus di Terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya, Sabtu (15/12/2018) siang itu membuat sejumlah penumpang menumpuk dan terlantar.

Hal itu diketahui setelah jatimnow.com menelusuri media sosial Twitter. Salah satu akun Twitter @sther_chan mengunggah dua foto yang menunjukkan kosongnya antrian bus di terminal itu.

"Tayoo (bus)-nya tak ada di Terminal Bungur (Bungurasih)," tulis akun @sther_chan ini di timeline Twitternya, Sabtu (15/12/2018) pukul 15.24 Wib.

Dari dua foto yang diunggah akun ini, nampak kondisi kosongnya bus di terminal tersebut pada jurusan patas Kediri, Tulungagung dan Trenggalek serta patas Malang dan Blitar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter