Menengok Pembuatan Barbie Reog Kendang Khas Tulungagung

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Boneka Barbie Reog Kendang buatan Yuyun Handayani, Tulungagung

jatimnow.com - Boneka Barbie biasanya identik mengenakan gaun dengan nuansa Eropa maupun Amerika. Namun di tangan Yuyun Handayani, warga Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, boneka ini disulap menjadi penari Reog Kendang. Kesenian Reog Kendang sendiri merupakan seni tari khas Kabupaten Tulungagung.

Ditemui di rumahnya, Yuyun mengaku mendapat inspirasi untuk membuat Boneka Barbie Reog Kendang ini setelah melihat boneka milik anaknya rusak. Yuyun kemudian mencoba berkreasi mengganti baju boneka dengan pakaian penari reog kendang lengkap dengan ikat kepala dan aksesoris lainnya.

Hasil kreasi tersebut kemudian diunggahnya di media sosial facebook. "Ternyata banyak yang tertarik dan memesan boneka ini setelah saya unggah," ujarnya, Minggu (16/12/2018).

Yuyun yang juga merupakan pelatih Reog Kendang ini mengaku tidak terlalu kesulitan dalam membuat kostum boneka tersebut. Dengan menggunakan kain perca limbah konveksi, Yuyun mulai membuat kreasi Boneka Barbie Reog Kendang.

Boneka ini juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang biasa digunakan penari aslinya seperti jarit batik, sampur, sempyok, iker dan juga miniatur kendang.

Postur boneka barbie ini juga dirubah mengikuti gerakan penari Reog Kendang. Sedangkan pada bagian tangan boneka, bentuknya disesuaikan dengan miniatur kendang.

Boneka Barbie Reog Kendang ini dijual mulai harga Rp 75 ribu hingga ratusan ribu, tergantung jumlah dan permintaan konsumen. Selama ini Boneka Reog Kendang banyak dipesan untuk dijadikan souvenir.

"Untuk sementara yang banyak memesan dari instansi dan dinas untuk souvenir saat mereka ada acara," tambah Yuyun.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter