Samsat Tulungagung Raih Rp 8,9 Miliar dalam Program Pemutihan Pajak

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Masyarakat antri di KB Samsat Tulunggagung sebelum program pemutihan berakhir.

jatimnow.com- Kantor bersama (KB) sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) Kabupaten Tulungagung meraih Rp 8,9 miliar selama program pemutihan atau pembebasan denda pajak dan bea balik nama (BBN) kedua kendaraan bermotor 2018.

Kepala Pengolah Data Pelayanan Perpajakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur di Tulungagung, Supandi mengatakan selama proses pemutihan, masyarakat sangat antusias memanfaatkan kesempatan tersebut.

Dari data yang diperoleh, sejumlah kendaraan yang diputihkan dalam program ini yang telah berlangsung selama empat bulan, mulai 24 Semptember, hingga 15 Desember lalu tercatat 23.241 unit.

Dari 23.241 Surat Ketetapan Pajak (SKP) wajib pajak, total penerimaan negara mencapai Rp. 8.939.403.850. “Jumlah untuk tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Sejauh ini minat masyarakat sudah cukup tinggi dalam memanfaatkan program ini,” kata Supandi Senin (17/12/2018).

Sementara jumlah kendaraan yang dibebaskan bea balik nama (BBN) kedua kendaraan bermotor sejumlah 8.632 unit. Terdiri dari 3.012 unit untuk kendaraan roda empat dan 5.620 unit kendaraan roda dua.

Jika diuangkan jumlahnya mencapai Rp. 3.816.628.000, yang dibebaskan. “Jadi kita membebaskan BBN  sebesar Rp 3,8 miliar,” jelasnya.

Supandi mengakui memang lewat program ini terjadi potensi kehilangan biaya sebesar Rp 3,8 miliar, namun ada sisi lain yang menjadi tujuan program pemutihan ini.  “Potensi kendaraan yang selama ini tidak dilakukan BBN, akhirnya diurus. Untuk selanjutnya hal ini menjadi potensi yang baik untuk pembayaran pajak kedepannya,” pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter