Jatim Memilih

Cagub Khofifah Sambangi Sanggar Reog Wanita

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Khofifah saat berdialog dengan pemain reog wanita di Ponorogo.

jatimnow.com - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali kunjungi Ponorogo. Setelah dua pekan lalu sempat mengunjungi bumi Reog.

Kali ini, mantan Menteri Sosial (Mensos) ini menyempatkan diri untuk menyapa Sanggar Reog Putri Sardulo Nareswari. Satu-satunya paguyuban seniman reog yang anggotanya adalah perempuan.

Paguyuban ini diisi dari anak kecil hingga seniman yang telah berusia.

"Semuanya putri. Di Ponorogo satu satunya paguyuban reog putri memang pro-kontra. Namun semangat kami adalah pelestarian kebudayaan asli Ponorogo," kata Ketua Paguyuban Reog Putri Sardulo Nareswari, Triheni Astuti.

Ia menjelaskan, para anggota putri ini sudah terlatih untuk menari barongan, maupun gerakan ganongan. Sulit, namun mereka aktif berlatih dan pentas agar bisa mempromosikan reog Ponorogo. Targetnya adalah reog bisa mendunia.

Namun, sayangnya, lanjut ia, mereka tidak memiliki kostum sendiri untuk pentas.

"Kami terpaksa sewa kostum setiap pentas. Karena gak punya kostum. Harapannya sih dengan ada Bu Khofifah bisa memperhatikan kami," katanya.

Ia mengaku, kenapa meminta Khofifah datang ke sanggar seni Reog khusus putri ini. Karena Khofifah juga sudah memberikan janji untuk mengangkat wisata budaya dan kesenian Reog Ponorogo saat berkunungi Bantarangin.

"Apa yang disampaikan ibu itu sangat bagus. Kami jngin kebudayaan terus dipupuk. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus melestarikan budaya lokal," kata Heni.

Selama di sanggar, Khofifah menyempatkan diri untuk berdialog dengan para seniman di sana. Dirinya juga menjanjikan akan memberikan kaos untuk para seniman reog putri.

"Jadi reog nggak hanya laki-laki tapi perempuan ada ya," tandas Khofifah.

Sementara Tim Kemenangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, Sugiri Suncoko, mengatakan, yakin bahwa calon gubernurnya akan meraih kemenangan di Ponorogo. Termasuk meraih suara dari sanggar seni reog khusus perempuan.

"Saya yakin bahwa sanggar seni reog khusus perempuan di Ponorogo suaranya kepada Bu Khofifah," urainya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter