Gara-gara Rokok Lintingan, Lengan Kanan Wiwit Nyaris Putus

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Korban saat dirawat di ICU RSUD Mardi Waluyo Blitar.

jatimnow.com - Tangan Wiwit Riono nyaris terputus akibat terkena bacokan senjata tajam yang dilakukan Yasir alias Gathul-tetangganya yang mengalami gangguan kejiwaan (gila).

"Pelaku membacok korban berkali-kali dengan menggunakan sabit," kata Kasat Reskrim Polres Blitar AKP Rifaldy Hangga Putra, Sabtu (24/3/2018).

Pada Jumat (23/3/2018) sekitar pukul 14.30 wib, Wiwit (50) warga Dusun Krajan Barat, Desa Sumberboto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar ini sedang beristirahat di ladang dekat rumahnya setelah mencari rumput untuk pakan ternak sapinya.

Tiba-tiba Yasir alias Gathol-tetangga korban, datang ke tempat istirahat Wiwit. Kemudian, Yasir meminta Wiwit untuk dibuatkan rokok lintingan. Ketika sedang dilintingkan rokok, tiba-tiba Yasir merebut sabit yang tergeletak di samping Wiwit.  

Yasir dengan membabibuta menyabetkan sabit tersebut ke arah Wiwit. Meski Wiwit berteriak minta tolong, Yasir yang mengalami gangguan kejiwaan (orang gila) itu tak menghiraukan rintihan Wiwit.

Akibat sabetan sabit itu, Wiwit mengalami luka serius pada kepala bagian belakang, dahi, mulut, pipi kanan luka menganga serta lengan kanannya nyaris putus.

Usai membabibuta bacokan ke Wiwit, Yasir kabur. Sedangkan Wiwit dibantu warga dan dibawa ke rumah sakit umum daerah Mardi Waluyo Kota Blitar. Wiwit mendapatkan perawatan intensif di ruang ICU RSUD Mardi Waluyo.

Selang 1,5 jam setelah kejadian, warga dan anggota Polsek Wonotirto menangkap Yasir.

"Pelaku masih menjalani pemeriksaan di polsek," ujarnya.

Ditanya kemungkinan pelaku mengalami gangguan kejiwaan, kata Rifaldy, pemeriksaan tetap masih dilakukan.

"Kalau itu (kejiwaan) masih kita periksa dulu. Hasilnya nanti tunggu saja," jelasnya.

Terkait kejadian itu, keluarga Wiwit enggan memberikan komentar.

"Nggak usah mas. Biar dia istirahat," kata salah satu keluarga Wiwit di RSUD Mardi Waluyo.

Pelaku pembacokan terhadap Wiwit ini diperkirakan mengalami gangguan kejiwaan. Dari keterangan tetangganya, Yasir pernah membacok orang hingga meninggal dunia.

"Dulu pelaku juga sudah pernah melakukan ini (pembacokan). Malah dulu korbannya sampai meninggal dunia. Tapi itu kejadiannya sudah lama sekali," kata Prista Bella, tetangga korban dan juga pelaku.

"Warga disini sudah tahu semua kalau dia mengalami gangguan kejiwaan," ujar Prista.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter