Tanggul Sungai Jebol, 59 Keluarga di Kencong Jember Diungsikan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Salah satu wilayah yang terendam banjir akibat tanggul jebol di Kencong, Jember (foto: Istimewa)

jatimnow.com - Tanggul sungai di Kecamatan Kencong, Jember jebol diterjang banjir bandang usai hujan deras mengguyur di wilayah tersebut. Akibat itu, 59 kepala keluarga (KK) di Dusun Kedung Langkap dan Ponjen, Desa Kraton diungsikan.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, tanggul itu jebol pada Minggu (23/12/2018) kemarin. Dampak paling parah berada di Dusun Kedung Langkap yang terdapat 290 KK meliputi 452 jiwa.

"Ada 59 KK diungsikan ke SDN 3 Desa Kraton, Kecamatan Kencong," ungkap Kabid Kedaruratan BPBD Jember, Heru Wida saat dikonfirmasi, Senin (24/13/2018).

Heru menambahkan, sebagian wilayah di Kabupaten Jember masih diterpa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal itu kata dia, menjadi hambatan dalam melakukan evakuasi.

"Korban terdampak lainnya mengungsi ke rumah saudaranya. Mereka tidak mau mengungsi terlalu jauh dari rumahnya," bebernya.

Secara keseluruhan, akibat banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Jember terdapat 14 Titik di 12 kecamatan yang terdampak.

"Kita sinergi dengan jajaran samping baik TNI, Polri, Basarnas maupun masyarakat," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter