Pixel Code jatimnow.com

Pastikan Keamanan, Forkopimda Kunjungi Gereja Korban Bom di Surabaya

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengunjungi Gereja Santa Maria Tak Bercela
Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengunjungi Gereja Santa Maria Tak Bercela

jatimnow.com - Memastikan keamanan dan kelancaran beribadah bagi umat Nasrani, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim mengunjungi gereja-gereja di Surabaya, Selasa (25/12/2018). Dalam kesempatan kali ini, mereka berkunjung ke Gereja Santa Maria Tak Bercela (STMB) yang terkena serangan bom bunuh diri pada 13 Mei lalu.

Rombongan Forkopimda mendatangi gereja yang berlokasi di Jalang Ngagel tersebut sekitar pukul 08.30 Wib.

Gubernur Jatim Soekarwo memberikan salam kepada para jemaat gereja STMB yang berjumlah sekitar 1500 orang. Ia menyampaikan kepada para jemaat untuk tetap saling menjaga kebersamaan dalam keberagaman.

"Assalamualaikum" dan dijawab dengan serempak "Waalaikumsalam" oleh para jemaat. Kami di sini untuk menginformasikan secara luas, kebinekaan terjaga, dan kebersamaan umat yang sekarang melaksanakan Natal," ujar Soekarwo.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, dalam kunjungannya kali ini juga untuk meninjau pelaksanaan ibadah sekaligus menyebarkan pesan toleransi kepada warga Jatim terutama masyarakat nasrani yang tengah menjalani ibadah. Selain itu juga menyampaikan kepada para jemaat bahwa gereja ini dalam penjagaan petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan.

"Alhamdulillah sampai dengan detik ini situasi pengamanan gereja kami dengan TNI telah menggelar seluruh geraja. Dan tadi malam kami sudah ada 6 (gereja) yang kami kunjungi langsung dan kami datang hari ini untuk turut merasakan kegembiraan merayakan natal," jelas Luki.

Sementara itu, salah satu Pastor yang turut menyambut kedatangan rombongan Forkopimda, Rama Widiyawan mengaku bersyukur dengan adanya kunjungan jajaran pemerintahan. Ia mengatakan bahwa sebagai pemimpin patut untuk menjadi panutan dan contoh bagaimana memberikan rasa toleransi kepada para masyarakat.

"Ini menguatkan kita karena banyak rumor memgatakan teloransi itu PR berat tapi ternyata antar pemimpinannya memberikan keamanan dan kenyamanan. Semoga akar rumput juga begitu," terang Widiyawan.

Usai melakukan kunjungan di STMB, rombongan Forkopimda melanjutkan perjalanan ke Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen. Di sana, mereka juga akan menyebarkan pesan kedamaian dan keamanan kepada para jemaat.

Baca juga:
361 Napi di Jatim Dapat Remisi Khusus Natal 2022, Hemat Rp214 Juta