Lomba Dayung Saka Bahari, Kumpulkan Sampah di Sungai

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Pramuka Saka Bahari ikuti Lomba Dayung di Kali Surabaya pintu air Gunungsari Jalan Karah Surabaya

jatimnow.com - Sekitar 20 tim Pramuka Saka Bahari se Jatim mengikuti lomba dayung yang digelar di Kali Surabaya pintu air Gunungsari Jalan Karah Surabaya, Sabtu (29/12/2018).

Selain berkegiatan lomba dayung, para Pramuka Saka Bahari juga diajarkan untuk mencintai perairan sebagaimana melindungi lingkungan di rumahnya sendiri dengan mengambil sampah saat berlomba.

Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI Edwin mengatakan dalam momentum HUT Lantamal ke-69 pihaknya bekerjasama dengan Jasa Tirta I ingin membentuk karakter anak-anak Saka Bahari untuk cinta terhadap lingkungan terutama di sungai.

"Event momentum ini kami lakukan sebagai event untuk pertama, jadi apapun yang terjadi di laut bermuara di sungai apapun yang terjadi di sungai bermuara di masyarakat. Kita bentuk karakter anak-anak Saka Bahari menjadi memperhatikan laut memperhatikan sungai untuk tidak membuang sungai sembarangan," katanya.

Jika sungai itu berada di halaman rumah sendiri maka sebagai pemilik tidak akan membuang sampah dengan sembarangan. Hal itu juga yang akan di aplikasikan di sungai-sungai ini.

"Kalau sungai kita bersih kehidupan kita akan bersih dan bisa menanamkan rasa cinta kepada sungai perairan dan dayung. Ini merupakan kolaborasi yang mempunyai sisi positif sebagaimana untuk perkembangan karakter anak-anak," tambahnya.

Dirut Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan mengatakan bahwa lomba dayung tersebut untuk mewujudkan rasa cinta kepada sungai, karena selama ini sungai selalu dikesampingkan.

"Sungai kan selalu menjadi tempat sampah jadi banyak sampah plastik dan sebagainya. Kami sekarang meminta teman-teman Pramuka selain berkegiatan di air, mereka mengumpulkan sampah plastik nantinya di timbang dan diberikan ke bank sampah," ujarnya.

Dalam lomba dayung ini juara kategori Putra, juara I diraih oleh Malang dengan catatan waktu 1 menit 51 detik, untuk juara II diraih Gresik dengan catatan waktu 1 menit 59 detik, sementara juara III diraih juga oleh Malang dengan catatan waktu 2 menit 5 detik

Untuk kategori putri juara I diraih Sidoarjo dengan catatan waktu 2 menit 23 detik, juara II juga diraih Sidoarjo dengan catatan waktu 2 menit 25 detik. Sementara untuk juara III diraih Malang dengan catatan waktu 3 menit 8 detik.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter