10 Bus Suroboyo Baru Dioperasikan Pekan Ini, Catat Haltenya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Wali Kota Risma saat peluncuran 10 Bus Suroboyo baru di Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019)

jatimnow.com - Penambahan 10 armada Bus Suroboyo, bakal dioperasikan pekan ini. Kepastian itu menyusul peluncuran yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (4/1/2019) di Balai Kota Surabaya.

10 Bus Suroboyo baru itu siap mengaspal setelah Wali Kota Risma melakukan pemotongan tumpeng dan pemecahan kendi. Ia mengatakan, Bus Suroboyo yang baru itu untuk menambah kekuatan bus yang sudah ada sebelumnya agar headway atau waktu antara dua sarana angkutan untuk melewati suatu titik atau tempat perhentian bus bisa lebih pendek.

"Selama ini rata-rata 20 menit dan selanjutnya diharapkan lebih pendek bisa menjadi 10 menit," terangnya.

Bus-bus itu akan menambah kekuatan rute timur-barat dan utara-selatan agar minat warga Surabaya untuk naik bus semakin meningkat. Apalagi ia memastikan bahwa Bus Suroboyo ini aman dan nyaman, headway-nya juga tidak perlu menunggu lama.

Wali Kota Risma juga memastikan pembayaran Bus Suroboyo tetap memakai sampah botol plastik. Hal itu sembari mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

“Saat ini sampah plastiknya sudah berkurang, jarang sekali kami menemukan sampah plastik di selokan. Kalau masih ada, itu sisa-sisa kemarin, sekarang sudah hampir tidak ada,” tegas Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat memastikan 10 armada BUs Suroboyo itu akan ditambahkan untuk rute barat-timur sebanyak 7 armada dan 3 armada lainnya untuk mendukung rute utara selatan, sehingga nantinya setiap rute akan ada 10 armada.

"Insyallah minggu ini akan mulai dioperasikan. Kapasitasnya 65 orang karena bus yang baru ini memiliki dua pintu. Kacanya juga lebih rendah, sehingga secara keseluruhan desainnya lebih bagus yang ini,” ulasnya.

Irvan menambahkan, Pemkot Surabaya juga menambah 8 halte bus yang terletak di depan UIN, Royal Plasa, Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar RSU dr Soetomo serta Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter