Peralatan Lengkap, Pendaki Tewas di Gunung Lawu Bukan Pelaku Ritual

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Evakuasi korban / Foto: Dok. Basarnas

jatimnow.com - Pendaki yang ditemukan tewas gantung diri di Puncak Gunung Lawu,  dipastikan pendaki murni bukan pelaku ritual.

Hal ini diketahui dari isi tasnya. Perlengkapan yang dibawa pendaki tersebut sesuai dengan standar perlengkapan pendakian gunung.

Di tas yang dibawa, terdapat dua jaket tebal untuk menghangatkan tubuh, tali untuk berjaga-jaga ketika naik ke gunung. Termasuk perbekalan makanan.

"Pendaki murni kalau melihat dari isi tasnya. Bukan pencari ritual. Kemarin diduga ritual karena umurnya diperkirakan 60 tahunan," kata Fery.

Gunung yang terkenal keramat tersebut biasa dikunjungi oleh dua jenis pendaki, pertama adalah kelompok pendaki pecinta alam, dan yang  kedua adalah kelompok pelaku ritual.

Kelompok pendaki pecinta alam biasanya membawa peralatan lengkap standar keamanan, sedangkan kelompok pelaku ritual biasanya membawa peralatan seadanya, serta kerap membawa benda-benda pusaka.

Namun, lanjut ia, walaupun pendaki murni, Mr X tersebut pendaki ilegal. Karena tidak ada identitas yang ditinggal di pintu masuk pendakian, baik dari Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang.

"Pendaki ilegal. Tidak ada identitas tersebut di pintu masuk pendakian baik via Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang," katanya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter