Perangkat Desa Tulungrejo Banyuwangi 6 Bulan Tak Gajian, Mengapa?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Irul Hamdani

Spanduk aduan di area Kantor Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi

jatimnow.com - Sebuah spanduk bertuliskan aduan sempat terpasang di area Kantor Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Rabu (9/1/2019).

Di dalam spanduk tertulis jika perangkat desa sudah tidak terima gaji beberapa bulan. "Bapak Bupati Kami Perangkat Desa Tulungrejo Beserta RT, RW, Kadus, PKK sudah 6 bulan tidak terima gaji/honor. Tolong Cairkan," demikian tulisan di spanduk tersebut.

Camat Glenmore Didik Suhartono saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp enggan memberi jawaban. Namun kebenaran dari isi atau tulisan pada spanduk tersebut dikonfirmasi Penjabat (Pj) Kepala Desa Tulungrejo, Atmin.

"Iya, benar mas," kata Atmin singkat.

Sementara Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Banyuwangi, Djajat Sudrajat mengaku, pihaknya sudah mengetahui hal itu. Keterlambatan pencairan dana disebabkan hal yang normatif, yaitu kurang persyaratan kelengkapan pencairan anggaran.

"Laporan sudah ke kami. Ada permasalahan secara normatif, sehingga pencairan dana tidak bisa dicairkan," jelasnya.

Djajat menekankan, di dalam laporan yang diterimanya ada persyaratan yang belum atau tidak normatif. Dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tidak mau bermasalah secara hukum di kemudian hari.

"Pokok buat kami, daripada nantinya hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ada temuan dan ditindaklanjuti oleh APH (Aparat Penegak Hukum). Bagaimana?," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter