Jatim Memilih

Cawagub Emil Tawarkan Inovasi yang Pernah Diterapkan di Trenggalek

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Cawagub Emil Dardak saat di Rumah Aspirasi Jalan Diponegoro Surabaya.

jatimnow.com – Cawagub Jatim, Emil Elestianto Dardak memiliki keinginan besar untuk mengangkat derajat UMKM se Jatim.

Bupati Trenggalek non aktif itu berencana membuat inovasi khusus yang pernah diterapkan di daerah asal yang dipimpinnya, yaknicommunal branding atau menciptakan merek milik bersama.

"Kasus yang sering di hadapi pelaku UMKM adalah mahalnya biaya mengangkat citra branding, saat saya di Trenggalek membina para pelaku UMKM untuk membuat communal branding," terang Emil saat menerima elemen masyarakat di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro, Surabaya, Senin (26/3/2018).

Emil mengatakan, produk yang telah dikembangkan bersama itu bisa besar dan manfaatnya dapat dirasakan bersama-sama yaitu bersinergi dengan BUMN dan perusahaan besar lainnya.

"UMKM memainkan peran standing on the shoulder of giants (berdiri di atas pundak raksasa). Bersinergi dengan BUMN dan perusahaan besar lainnya jika produk yang dikembangkan ingin besar dan manfaatnya bisa dirasakan bersama-sama," tutur cagub pendamping Khofifah Indar Parawansa itu.

Suami Arumi Bachsin itu mencontohkan di Trenggalek, strategi itu telah diterapkan di perajin batik desa. Sehingga, satu merek yang sudah diakui di satu mall ternama di Jakarta, bisa menyerap hasil perajin batik di Trenggalek dengan satu merek.

"Ada namanya batik Terang Ing Galih yang menjadi brand batik Trenggalek, kalau UMKM suruh menanggung resiko bisnis sendirian, kan susah," jelasnya.

Untuk diketahui para relawan yang mendatangi rumah Aspirasi itu bertujuan untuk menyampaikan dukungan kepada Cagub-Cawagub Khofifah-Emil.

Koordinator Relawan Perjuangan Anak Bangsa KIP-Emil, Sri Mince Endramawan mengatakan, program yang ditawarkan Khofifah-Emil dinilai cocok dan tangguh untuk menjalankan kepemimpinan di Jatim.

"Mas Emil patut didukung untuk menjadi pemimpin kelanjutan setelah Pakde Karwo," katanya.

Disinggung apakah ada syarat khusus untuk mendukung pasangan Khofifah-Emil, Mince menegaskan jika pihaknya harus bersih dari money politic demi pemimpin yang bertanggung jawab.

"Itu tidak ada komitmen duik-duikan (tidak ada komitmen uang)," tegasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter