Relokasi Pedagang Pasar Stasiun Ponorogo Ditunda, Ini Sebabnya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Pedagang Pasar Stasiun

jatimnow.com - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo untuk memindahkan pedagang eks Pasar Stasiun ke pasar sementara di lahan RSUD lama tertunda.

Seharusnya, pedagang pasar eks stasiun dipindah, Selasa (15/1/2019) kemarin. Namun hingga hari ini, belum ada tanda-tanda perpindahan.

Sekda Agus Pramono, mengatakan relokasi sebagian pedagang di pasar eks Pasar Stasiun bukan gagal. Pemkab tetap akan memindahkan ke pasar sementara di RSUD lama.

"Bukan gagal, hanya ditunda saja," kata Sekda Ponorogo Agus Pramono kepada media, Rabu (15/1/2019) sore.

Ia menyebut penundaan itu didasarkan pada kajian dari aparat penegak hukum (APH). Menurut polisi, dasar hukum penertiban tidak cukup kuat.

"Berdasar kajian dari APH, pemberitahuan yang sudah dilayangkan perlu diperbaiki. Seharusnya 15 Januari, tapi tertulis 15 Februari," tambahnya.

Namun demikian, Agus berdalih pihak Pemkab Ponorogo telah meralat surat tersebut. Nantinya, surat pemberitahuan pembongkaran eks stasiun akan disampaikan kepada pedagang, minimal tiga hari sebelum tanggal yang tertulis dalam surat. Agus menolak pihaknya disebut melakukan kesalahan administrasi.

"Bukan kesalahan administrasi dari pemkab. Ini salah ketik, dan sudah kami ralat. Tapi banyak dipersepsikan macam-macam oleh masyarakat," ujarnya.

Agus menekankan jika sikap pemkab kemarin bukan berarti dapat diartikan batal menertibkan pasar eks stasiun. Namun, hanya menunda. Pemkab akan kembali melayangkan surat pemberitahuan penertiban.

Ia mengklaim telah bekerjasama dengan kepolisian terkait rencana tersebut. Agus menyebut, penertiban pasti dilakukan dalam bulan ini.

"Selama waktu jeda ini, satpol PP akan memberi kesempatan pedagang untuk pindah ke pasar sementara," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter