Banjir lumpur di Blitar, BPBD: Masalahnya Sungai yang Tersumbat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Sekolah yang terendam banjir lumpur di Blitar

jatimnow.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar menyebut, masalah utama terjadinya banjir lumpur yang menyebabkan satu sekolah terendam di Blitar akibat sungai yang tersumbat.

BPBD berjanji akan segera merevitalisasi sungai yang tersumbat tersebut. Itu untuk kelancaran aliran air dari atas bukit di agar tak kembali memasuki sekolah maupun pemukiman penduduk.

"Masalah utamanya adalah sungai yang tersumbat. Kalau tidak segera ditangani, masalah lumpur ini akan terjadi dikemudian hari. Itu daruratnya," kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Heru Irawan, Jumat (18/01/2019).

Selain revitalisasi sungai, kecamatan juga sudah mengusulkan membangun bangunan kecil untuk mengalihkan arus air.

"Bangunan itu kalau nanti tidak begitu besar. Nanti akan dikerjakan oleh BPBD," ujar Heru.

Heru menjamin solusi jangka pendek untuk menangkal banjir lumpur di SDN Bululawang 02 bakal dikerjakan sampai rampung. Menurut dia, permasalahan banjir lumpur di Dusun Pasur tersebut bukan masalah yang begitu besar.

"Ini bukan masalah yang besar sebenarnya bagi Pemda, hanya saja kami butuh waktu untuk jangka panjang. Karena sebagian lahan di belakang (bukit) juga milik Perhutani," paparnya.


 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter