Satu Karung KIP Ditemukan di Nginden, Siapa Tersangka?

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Narendra Bakrie

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menunjukan kartu KIP yang ditemukan di Nginden.

jatimnow.com - Penyidik Polsek Sukolilo dibantu Polrestabes Surabaya, hingga kini belum menetapkan tersangka terkait temuan 643 KIP (Kartu Indonesia Pintar) di  Jangkungan Nginden Surabaya. Namun, siapa saja yang terlibat alur distribusi kartu-kartu tersebut sudah jelas.

Hal itu terungkap menyusul pemanggilan yang dilakukan penyidik terhadap tiga orang. Yaitu Hamid (kurir freelance), Samuel (distributor freelance), dan Budi (PT SAP, pemenang tender distribusi KIP di Kecamatan Sukolilo).

Ketiga orang ini, merupakan saksi kunci mengapa ratusan KIP itu tidak terdistribusikan.

"Keterangan ketiganya tengah kami analisa. Alibi masing-masing juga sedang kami uji. Untuk itu, status ketiganya sampai saat ini masih saksi. Tunggu saja, kami masih bekerja," sebut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, Rabu (28/3/2018).

Mengapa ketiga orang itu disebut-sebut sebagai saksi kunci? Rudi membeberkan, pihaknya sudah mengonfrontir keterangan Hamid ke dua kelurahan. Yaitu Kelurahan Gebang Putih dan Keputih.

Sebelumnya, Hamid mengaku, distribusi KIP ke dua keluharan itu, terhambat oleh kelurahan.

"Dua kelurahan itu sudah kami mintai keterangan. Dan dalam keterangannya, tidak pernah ada orang yang meminta pendampingan untuk membagikan KIP tersebut," beber Rudi.

Rudi menegaskan, dari hasil penyidikan sementara tersebut, akan segera ada pihak yang menjadi tersangka. Namun pihaknya masih melengkapi keterangan dan dokumen-dokumen.

Temuan ratusan KIP itu dilaporkan oleh Kardi (44) Jangkungan 1/2 Surabaya. Kardi melapor kepada anggota Binmas Polsek Sukolilo saat dirinya menjalani pendataan, Selasa (20/3/2018).

Kardi menyebut jika ia menemukan KIP itu pada 10 Maret 2018 sekitar pukul 15.00 Wib di rumah mertuanya (Umi Kulsum) di Jangkungan 1-D/18, Nginden, Surabaya.

Peruntukkan ratusan KIP itu untuk para pelajar di dua kelurahan. Yakni Kelurahan Gebang Putih sebanyak 220 keping dan Kelurahan Keputih 423 keping.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter