12 Rusa Mati di Coban Jahe Malang, Penyebabnya Masih Misterius

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Avirista Midaada

Olah TKP kemarian 12 rusa tutul oleh tim gabungan di Wisata Coban Jahe Malang

jatimnow.com - 12 rusa tutul ditemukan mati di penangkaran Wisata Coban Jahe, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Pada leher rusa-rusa itu ditemukan bekas luka gigitan.

Ketua Profauna Indonesia Rosek Nursahid menyebut, sebenarnya terdapat 14 ekor rusa tutul di Coban Jahe.

"12 ekor mati, dua ekor lagi dinyatakan hilang," jelasnya, Senin (21/1/2019).

Kematian rusa-rusa tersebut memang mengejutkan penjaga yang akan memberikan maknanan pada Minggu (20/1/2019) kemarin.

"Rusa itu mati saat penjaganya akan memberikan makan," ujar Rosek.

Dirinya belum mengetahui secara pasti penyebab kematian 12 rusa itu. Namun dugaan sementara, kematian rusa-rusa itu akibat serangan hewan buas.

"Dugaan kuat mengarah ke anjing liar atau macan tutul. Kalau macan tutul di sana memang juga jadi kawasan habitat macan tutul. Karena dekat dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)," imbuh Rosek.

Yang membuat janggal, menurutnya, rusa itu hanya luka pada leher saja, sedangkan bagian lain masih utuh.

Profauna sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim, sebagai instansi yang berwenang menangani masalah satwa liar.

Terpisah, Kepala BBKSDA Jawa Timur Nandang Prihadi mengatakan, pihaknya bersama ProFauna Indonesia saat ini sudah berada di lokasi untuk memastikan penyebab kematian rusa-rusa itu.

"Saat ini kita sedang dalami apa penyebabnya. Kepala SKW 6 Probolinggo dengan Rosek dari ProFauna sedang di lokasi," sebut Nandang.

Kata Nandang, tim gabungan itu sedang melakukan olah TKP di Coban Jahe dan pengumpulan data. Olah TKP juga dibantu Perhutani KPH Malang Raya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter