jatimnow.com
Pesan NasDem untuk Cak Ipin: Majukan Trenggalek

jatimnow.com - Dua pemimpin muda, Bupati Trenggalek Emil Dardak dan Wakil Bupati  (Wabup) M Nur Arifin atau Cak Ipin diharap tidak berpolemik di depan publik. Sebab bisa menjadi contoh tidak baik bagi generasi milenial.

"Saya merasa sedih ada pemimpin muda yang berjuang bersama-sama, merintis karir bersama-sama, akhirnya sukses menjadi pemimpin di sebuah daerah yang menjadi harapan banyak orang. Ternyata lah kok terjadi seperti itu," jelas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi kepada jatimnow.com, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, polemik tersebut seharusnya dapat diselesaikan secara baik-baik. Sehingga dapat menjadi contoh bagi generasi muda atau milenial.

"Semua hal bisa diselesaikan dengan baik-baik. Masing-masing punya fungsi dan perannya masing-masing. Sebaiknya, itu harus segera diakhiri, jangan sampai menjadi contoh yang buruk. Anak muda jadi pemimpin, generasi milenial menjadi pemimpin harus menjadi contoh yang baik," tuturnya.

Gus Choi mengakui mengikuti perkembangan dua anak milenial yang berkarir politik dan menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah Trenggalek ini.

"Sebetulnya dua orang ini saling melengkapi, karena si Emil lebih kelihatan pendidikannya yang lebih tinggi, lebih akademis, dan mengandalkan otaknya. Tapi yang Arifin lebih kelihatan sebagai anak muda yang taat beribadah, dekat dengan ulama, penampilan sederhana, kehidupannya yang tidak aneh-aneh, dekat dengan rakyat, sosialnya tinggi. Dia juga sukses di bidang ekonomi, tidak pelit. Justru dia dermawan," ujarnya.

Dirinya mendengar bila Emil dan Cak Ipin merupakan anak muda yang hebat dengan versinya masing-masing.

"Saya kira ini keduanya anak muda yang hebat dengan versi yang berbeda.
Karena itu, Emil setelah terpilih Wakil Gubernur Jawa Timur, ya kita berharap dia setelah dilantik menjadi wagub membantu Gubernur Khofifah dengan tetap sebagai anak muda yang baik, yang cerdas dan berprestasi. Kita harapkan begitu," katanya.

"Sedangkan Cak Ipin, anak muda yang memiliki kelebihan-kelebihan yang saya sebutkan tadi, punya hak untuk menjadi bupati melanjutkan Emil. Cak Ipin juga harus menampilkan dengan kelebihannya yang dimiliki untuk memajukan masyarakat Trenggalek yang memang termasuk salah satu daerah miskin di Jawa Timur," terangnya.

Ia berharap, Cak Ipin ketika menjadi Bupati Trenggalek, dapat memajukan daerahnya dan mensejahterakan rakyatnya dan tetap hormat pada ulama.

"Mungkin dengan kepemimpinan Cak Ipin, Trenggalek lebih maju. Karena dia pengusaha sukses yang dermawan di satu sisi. Di sisi lain kehidupan juga sederhana. Di sisi lain juga dekat ulama, spiritualnya jalan, dzikirnya jalan. Jadi saya kira lengkap lah menjadi anak muda jadi pemimpin yang tidak sombong dan merakyat," ujarnya.

Cak Ipin pernah menjadi Plt Bupati Trenggalek. Salah satu programnya yang dikenal diantaranya, sambang warga dan menginap di rumah warga.

"Menjalankan kepemimpinan itu seperti Umar bin Khatab. Dari aspek turun ke rakyat, menginap di rumah rakyat siang dan malam. Saya kira itu kepemimpinan yang luar biasa," papar Caleg DPR RI dari daerah  pemilihan Gresik-Lamongan.

"Dan mungkin sangat releven menjadi pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Trenggalek yang memang sederhana. Masyarakat Trenggalek yang pada umunya kelas menengah ke bawah. Dia saya kira dengan kelebihannya, akan dicintai rakyatnya dan dia mencintai rakyatnya maka Trenggalek menjadi daerah maju," tuturnya.

Loading...

Gus Choi juga mengapresiasi jaringan politik dan organisasi masyarakat (ormas) yang diikuti Cak Ipin. Selain, Cak Ipin juga kader dari PDIP, selain menjadi Sekretaris PW GP Ansor Jawa Timur.

"Menjadi pengurus Ansor Jawa Timur. Ansor punya struktur secara nasional dan menjadi bagian dari sayap NU-Nahdlatul Ulama. Punya lobi-lobi, punya jaringan dan bisa dimanfaatkan jaringan itu," ujarnya.

"Apalagi Jokowi menang di Pemilihan Presiden 2019, lengkap sudah. Cak Ipin punya potensi hebat. Jaringan di struktur kepartaian hebat. Jaringan di ormas juga hebat. Itu semua modal untuk memajukan Trenggalek dan kepemimpinan dia," jelasnya.

Berita Terkait