Ini Penyebab Anjloknya Harga Cabai di Probolinggo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Salah satu pedagang cabai di Probolinggo

jatimnow.com - Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo mengatakan penurunan harga cabai saat ini dipengaruhi karena ketersediaan barang yang melimpah. Harga jual cabai petani di wilayah Probolinggo mengalami penurunan dari Rp 12 ribu perkilo menjadi Rp 7 ribu.

Kepala Dinas Petanian Kabupaten Probolinggo, Hasyim Asy'ari mengatakan, wilayah Kabupaten Probolinggo memasuki masa panen cabai. Probolinggo adalah salah satu daerah penghasil cabai rawit di Jawa Timur, secara otomatis barang melimpah.

"Hasil produksi cabai rawit petani saat ini melimpah di bandingkan dengan masa panen tahun sebelumnya," tegasnya, Selasa (29/1/2018).

Melimpahnya stok cabai ini dikarenakan panen petani berhasil atau minim kerusakan meski di musim penghujan.

"Sehingga buah cabai jarang yang mengalami kebusukan.Lantaran intensitas hujan dibulan ini tidak begitu tinggi," ujarnya.

Pertanian cabai di Probolinggo ini merata, menyebar hampir di seluruh kecamatan. Probolinggo menjadi pemasok besar cabai di berbagai wilayah di Jawa Timur.

"Salah satunya sebagai pemasok rutin pasar Sidoarjo, Malang dan Surabaya," ungkapnya.

Pemerintah terus berupaya mengatasi turunnya harga cabai ini dengan berbagai langkah, salah satunya menggenjot penjualan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

"Semoga  bisa kembali normal, sehingga petani bisa segera mendapatkan  keuntungan. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter