Ratusan Perwira di Polres Tulungagung Jalani Tes Urine

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Sejumlah perwira saat menyerahkan sampel urine mereka untuk dites

jatimnow.com - Ratusan perwira di Polres Tulungagung dan polsek jajaran mengikuti tes urine yang dilakukan oleh Rs Bhayangkara setempat, Jumat (1/2/2019).

Tes urine itu dilakukan secara mendadak usai mereka mengikuti kegiatan olahraga pagi. Satu persatu perwira ini menyerahkan sampel urine-nya untuk diperiksa oleh tim medis. Dalam pemeriksaan ini belum ditemukan adanya sampel urine yang positif mengandung zat narkotika.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, dari total 1.088 anggota polisi di Polres ini, 306 di antaranya merupakan perwira. Nah, tes urine kali ini, hanya dilakukan untuk kalangan perwira saja.

"Untuk awal hanya perwira saja karena mereka merupakan contoh bagi anggota," terang Tofik.

Tofik menambahkan, tes urine ini juga berkaitan dengan Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2019 yang fokus terhadap pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, sebagai contoh yang baik untuk masyarakat, polisi juga harus dilakukan pemeriksaan.

"Tes urine ini juga merupakan salah satu bukti bahwa polisi bebas narkoba," jelasnya.

Dalam pemeriksaan itu, petugas dari RS Bhayangkara menggunakan alat multi screen. Dengan alat ini akan terlihat kandungan yang terdapat dari sampel urine anggota. Bahkan mereka yang dalam kondisi sakit dan mengkonsumsi obat tertentu akan terlihat menggunakan alat ini.

"Dari hasil pemeriksaan, kami belum menemukan adanya anggota yang terbukti menggunakan zat berbahaya, namun pemeriksaan ini akan kami lakukan ke anggota lain juga," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter