Diduga Terseret Arus, KMP Prathita IV Kandas di Perairan Selat Bali

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Evakuasi penumpang KMP Prathita IV

jatimnow.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Prathita IV yang kandas sekitar pukul 02.05 Wib di perairan dangkal Selat Bali diduga akibat terseret arus dan angin kencang.

Kapal jenis Roro yang bertolak dari dermaga LCM Pelabuhan Ketapang pukul 00.18 Wib itu sedianya akan sandar di dermaga MB II Gilimanuk.

Staf KSOP Tanjung Wangi, Widodo mengatakan berdasarkan data manifes KMP Prathita IV mengangkut 383 orang penumpang, 20 ABK, dan 20 kendaraan roda empat hingga bus.

"Namun karena kuatnya arus mengakibatkan kapal kandas ke arah utara Pelabuhan Gilimanuk," kata Widodo di kantornya, Sabtu (2/2/2019).

Baca juga :     Angkut 383 Penumpang, KMP Prathita IV Kandas di Perairan Selat Bali

Kendati dikategorikan aman, gabungan Tim SAR dari Basarnas, Pos TNI AL Gilimanuk, Polair Polres Jembrana, ASDP dan KPLP Pelabuhan Gilimanuk, Polsek KP3, serta BPBD Gilimanuk mengerahkan 4 speed boat melakukan evakuasi.

Untuk manifes 20 kendaraan, diantaranya 1 unit sepeda motor, kendaraan roda empat 5 unit, 4 unit pikap, 2 unit truk, 2 minibus, dan 6 unit bus.

"Kalau penumpangnya sudah dievakuasi lebih dulu. Untuk kapal dan kendaraan sudah berhasil sandar dan diturunkan pukul 07.20 Wib," tegasnya.

Koordinator Pos SAR Jembrana, Komang Sudiarsa mengatakan para penumpang, muatan kapal serta ABK seluruhnya dapat diselamatkan. Proses evakuasi sendiri berlangsung hingga pukul 08.00 Wita.

"Sementara semua penumpang ditempatkan diruang VIP ASDP Gilimanuk," katanya saat dikonfirmasi.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Prathita IV mengalami insiden kandas di perairan Selat Bali, Sabtu (2/2/2019) pukul 02.05 Wib atau 03.05 Wita. KMP Prathita IV yang mengangkut 383 penumpang, berangkat dari Pelabuhan Ketapang pada pukul 00.18 Wib.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter