Presiden Jokowi Berharap Edukasi Kebencanaan Diterapkan di Sekolah

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Presiden Joko Widodo saat di Surabaya

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan masyarakat mendapatkan edukasi tentang kebencanaan. Katanya, edukasi kebencanaan ini, bisa digelar di sekolah maupun pendidikan non formal. Rencananya akan dimulai di tahun 2019.

"Kita ingin segera dikerjakan, lakukan edukasi kebencanaan. Tahun ini harus dimulai," kata Presiden Jokowi di sela membuka acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di JX International Surabaya, Sabtu (2/2/2019).

Jokowi mencontohkan, penduduk Jepang yang menurutnya sudah mendapatkan edukasi dengan baik terkait kebencanaan. Ketika sirine terdengar, mereka dengan tanggap menyelamatkan diri mengikuti jalur evakuasi yang sudah ditentukan.

"Mereka berlarian, tapi rutenya jelas. Yang seperti inilah yang harus mulai kita lakukan," tuturnya.

Jokowi berharap edukasi kebencanaan itu bisa diterapkan di Indonesia dalam lingkup pendidikan formal maupun non formal.

"Baik di masyarakat atau sekolah-sekolah, terutama di daerah rawan bencana. Rute-rute evakuasi harus dimanfaatkan. Jangan pada lari ke timur utara," ujarnya.

Presiden Jokowi meminta agar simulasi kebencanaan terus digalakan secara berkala. Tujuannya, agar masyarakat tanggap menghadapi bencana, tidak panik dan tidak menimbulkan banyak korban.

"Secara berkesinambungan ya sampai ke tingkat paling bawah, RT, RW. Sehingga masyarakat kita betul-betul siap menghadapi setiap bencana," jelasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter