Ratusan Truk Blokade Jalan Ahmad Yani Banyuwangi, Ada Apa?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Ratusan truk memblokade Jalan Ahmad Yani Banyuwangi

jatimnow.com - Ratusan truk memblokade Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Senin (4/2/2019) sejak pukul 10.30 Wib. Truk-truk itu berjajar mulai dari pertigaan Kantor Sekretariat DPRD hingga depan Kantor Bupati Banyuwangi.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur provinsi dari dan menuju pusat kota Banyuwangi tersebut, akhirnya dialihkan sementara waktu.

Basori (39), salah satu sopir mengatakan, aksi blokade jalan protokol di Banyuwangi itu dilakukan menyusul adanya 7 truk rekannya yang di amankan kepolisian.

Sebab, lanjutnya, 7 truk itu diamankan ketika melakukan pengisian galian C (pasir dan batu) akibat tambang galian C tempat mereka mengangkut material yang ada di Desa Wonosobo itu tidak mengantongi izin.

"Kami kan tidak tahu kalau tambang itu ada izinnya atau tidak. Setahu kami, kami dapat order pasir atau batu dan mencari tambang yang buka," bebernya di sela aksi.

Menurut Basori, kepolisian atau pihak yang berwenang apabila melakukan penertiban harus dapat membedakan antara aset galian tambang dengan konsumen.

"Kita kan gak punya hak tanya izin tambang, kita mikirnya jika tambang itu buka berarti boleh beroperasi," sebutnya.

Sementara itu, untuk melakukan pengamanan, KabagOps Polres Banyuwangi Kompol Sumartono menyebut telah mengerahkan ratusan personel untuk mengawal jalannya aksi blokade sesuai Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

"Aspirasi dari masyarakat ketika ada STTP ya kita kawal," tegas Sumartono.

Hingga pukul 11.45 Wib, perwakilan dari para sopir truk masih melakukan mediasi di ruang Rempeg Jogopati Pemkab Banyuwangi.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter