jatimnow.com

Kunjungi Trenggalek, Menteri Susi Ajak Nelayan Jaga Kelestarian Laut

Editor : Arif Ardianto Reporter : Bramanta Pamungkas
Menteri kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti saat berkunjung ke pantai prigi, Kabupaten Trenggalek 🔍
Menteri kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti saat berkunjung ke pantai prigi, Kabupaten Trenggalek

jatimnow.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menggelar kunjungan kerja ke Pantai Prigi, Kabupaten Treggalek, Selasa (5/2/2019).

Dalam kunjungan ini, Susi memberikan sejumlah bantuan terhadap para nelayan, serta beberapa pengusaha bidang perikanan. Bantuan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para nelayan, terutama nelayan pesisir selatan laut Jawa.

Dalam sambutannya, Susi menuturkan bahwa kunjungannya ini merupakan yang pertama kali di wilayah selatan pesisir selatan laut Jawa.

Susi mengaku malas jika berkunjung ke wilayah pesisir selatan. Hal ini dikarenakan masih banyaknya nelayan yang melangggar peraturan pemerintah terkait penangkapan ikan.

"Masih banyak kita temukan pelanggaran nelayan yang menggunakan jaring kecil sehingga ikan yang masih kecil ikut ditangkap," ujarnya, Selasa (05/02/2019).

Susi juga berpesan kepada para nelayan untuk ikut serta menjaga keberlangsungan biota laut, dengan cara menjaga kebersihan serta tidak menangkap ikan berukuran kecil. Secara tegas Susi juga akan menindak tegas para pejual benih lobster yang saat ini masih beroperasi.

"Nilai jual lobster itu sangat mahal, sayang kalau dijual benihnya, lebih baik dikembangkan dahulu setelah besar baru dijual," tuturnya.

Usai memberikan sambutan, Susi menyempatkan untuk melihat hasil kerajinan karya para nelayan. Susi juga membeli beberapa kerajinan seperti tas dan keranjang. Susi berharap kesejahteraan nelayan bisa lebih meningkat lagi.
"Pencuri ikan sekarang sudah tidak ada, ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan," pungkasnya.