Jatim Memilih

Maraknya Impor, Cawagub Emil Imbau Pengolahan Tembakau Ditingkatkan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Cawagub Emil Dardak saat mengunjungi pabrik rokok cerutu di Jember

jatimnow.com - Banyak yang mengkhawatirkan tembakau luar negeri berpotensi memadamkan jenis tembakau lokal Jawa Timur.

Mengantisipasi terjangan tembakau impor, Cawagub Emil Elestianto Dardak meminta, kualitas pengolahan tembakau ditingkatkan agar dapat bersaing.

Hal ini diungkapkan Emil, saat melakukan kunjungan industri tembakau cerutu di gudang PT Tarotama Nusantara (TTN), di Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, Jember, Kamis (29/3/2018).

"Tembakau lokal tidak boleh tergerus oleh tembakau impor. Maka dari itu saya meminta kualitas tembakau tetap dijaga terlebih bisa ditingkatkan lagi," tutur Emil.

Wakil Khofifah Indar Parawansa di Pilgub 2018 ini juga meminta agar kualitas pengolahan tembakau ditingkatkan.

"Seperti tantangan terkait oven yang selama ini menggunakan minyak tanah. Menggunakan kayu enggak boleh, dan sebenarnya ada potensi menggunakan gas. Nah, hal-hal seperti ini perlu menjadi pertimbangan untuk penguatan industri ini ke depannya," tambah doktor ekonomi termuda Jepang ini.

Sementara untuk mengantisipasi masuknya tembakau luar negeri, pendiri PCI NU Jepang itu berjanji ikut berjuang dengan masyarakat dan petani, untuk tetap melindungi tembakau lokal.

"Selain tembakau, tebu adalah kekayaan alam yang perlu kita lindungi, karena banyak masyarakat yang menggantungkan kesejahteraannya di sektor ini," ujar Emil

PT Tarotama Nusantara sendiri, menurut Emil, merupakan industri tembakau  di Jember yang berdiri sejak tahun 1990 dan sudah dijalankan secara profesional. Di mana produk cerutu yang dihasilkan sudah mampu menembus pasar internasional.

"Pabrik ini kan memang khusus untuk tembakau cerutu. Tembakau cerutu ini memang high grade dan kita lihat profesionalisme yang luar biasa," kata suami artis Arumi Bachsin ini.

Bupati Trenggalek non aktif ini berharap, agar industri ini bisa memberi contoh industri tembakau lainnya dalam hal keunggulan produk.

Sementara itu, Agusta Jaka Purwana, Direktur Umum PT Tarotama Nusantara (TTN) mengungkapkan kebahagiaannya atas kedatangan Emil Dardak ke pabriknya. Menurutnya kedatangan Emil adalah sebagai ruang komunikatif dan aspiratif tentang industri tembakau ke depannya.

"Saya sangat senang, Mas Emil kan doktor ekonomi pembangunan yang paham betul industri, jadi pertemuan ini bisa  mensinkronkan kebijakan pemerintah dengan aspirasi pelaku industri tembakau. Apalagi industri tembakau sangat multiplier efek terhadap penyerapan tenaga kerja dan ekonomi daerah," tuturnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter