Lambung Bocor, KMP Tunu Pratama Jaya 3888 Nyaris Tenggelam

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

KMP Tunu Pratama Jaya 3888

jatimnow.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya 3888 nyaris tenggelam disebabkan lambung kapal bocor akibat tersenggol rump door KMP Liputan XII.

Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa karena seluruh penumpang dan kendaraan yang diangkut dapat diturunkan kembali dan dipindahkan ke armada lainnya.

Kepala KSOP Tanjung Wangi Agus Winartono mengatakan pihaknya khawatir dengan keselamatan para pengguna jasa pelayaran.

"Dikhawatirkan pula, armada kapal tersebut tenggelam seiring dengan masuknya air laut ke dalam kapal melalui lambung yang bocor," kata Kepala KSOP Tanjung Wangi Agus Winartono.

Kejadian awal KMP Tunu Pratama Jaya 3888 yang dinahkodai Mufidul Anam tengah melakukan pemuatan penumpang dan kendaraan bermotor, Jumat (8/2/2019) dini hari.

Disaat bersamaan, datang KMP Liputan XII dari arah Pelabuhan Gilimanuk Bali dan hendak sandar melakukan bongkar muatan.

"Seharusnya KMP Liputan XII dinahkodai Yusuf, namun diduga karena ada satu permasalahan maka digantikan Zainul selaku Mualim 1," ujarnya.

Agus menduga insiden tersebut dipicu oleh gelombang tinggi dini hari tadi, sehingga Zainal selaku Mualim 1 yang saat itu menggantikan nakhoda tidak dapat menguasai kapal.

Secara bersamaan, KMP Liputan XII juga mengalami pergeseran, sehingga rump door-nya menabrak lambung KMP Tunu Pratama Jaya 3888, sehingga menyebabkan kebocoran tersebut.

Saat ini, KMP Liputan XII dan KMP Tunu Pratama Jaya 3888 telah dipindahkan untuk dilakukan perbaikan di sisi selatan dermaga LCM.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter