517 Siswa Kejar Paket di Blitar Ikuti UNBK Tahun 2018

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Pelajar yang mengikuti ujian nasional menggunakan komputer, tahun lalu.

jatimnow.com - Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pelajar tingkat SMA/MA dilakukan mulai tanggal 9 hingga 12 April 2018.
 
Tak hanya pelajar SMA/MA, namun sebanyak 363 pelajar paket kesetaraan atau Kejar Paket C di Kota Blitar, juga akan mengikuti ujian nasional juga menggunakan komputer.
 
Selain Kejar Paket C, terdapat 144 siswa Kejar Paket B yang juga akan mengikuti UNBK tahun 2018 ini. Sehingga bila ditotal ada 517 siswa kejar paket yang akan mengikuti UNBK.
 
"Dari 517 siswa yang ikut ujian kesetaraan SMA atau Kejar Paket C dan Kesetaraan SMP atau Paket B, semuanya berasal dari 6 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar)," kata Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan Kota Blitar Lulus Priyoananto, Jumat (30/03/2018).
 
Lulus menjelaskan, pelaksanaan UNBK untuk siswa Kejar Paket C dilakukan bersamaan dengan sekolah reguler. Namun siswa kejar paket akan mengerjakan naskah ujian pada sesi ke tiga atau saat sore hari.
 
Hal yang sama juga berlaku untuk pelajar Kejar Paket B. Mereka akan melaksanakan UNBK berbarengan dengan sekolah regular yang akan digelar 21 hingga 23 Mei 2018 mendatang.
 
"Sama dengan yang Paket C, untuk yang UNBK kesetaraan SMP atau Paket B, akan sama yang SMP/MTs regular. Cuma mereka mengerjakan di sesi kedua atau yang siang hari," terang dia.
 
Pelaksana UNBK bagi 517 siswa kejar paket C dan B akan dilakukan di sekolah yang telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti di SMAN 1 Blitar dan di SMPN 1 Blitar.
 
Ia menambahkan, masih ada siswa kejar paket lagi yang mengikuti ujian nasional yakni Kejar Paket A atau kesetaraan SD.  Siswa Kejar Paket A akan mengerjakan naskah ujian nasional menggunakan kertas.
 
"Ada lagi yang Kejar Paket A atau setara SD. Tapi mereka akan mengerjakan pake sistem Paper Base Test (PBT). Jumlahnya ada 19 orang," tutupnya.
 
Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter