Tertimbun Longsor, Jalan Penghubung Dua Desa di Kediri Terputus

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Tim BPBD, TNI dan polisi serta warga membersihkan material longsor yang menutup jalan desa di Kediri

jatimnow.com - Setelah sempat tertutup material longsor, akses jalan utama di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri akhirnya bisa dilalui, Jumat (15/2/2019).

Sebelumnya, ruas jalan penghubung antar desa ini terputus tertimbun material longsor dari sebuah tebing setinggi 6 meter. Meskipun sudah bisa dilewati, tapi proses pembersihan hingga saat ini masih terus dilakukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Randy Agatha menjelaslan, longsor ini terjadi, Kamis (14/02/2019) kemarin.

Hujan deras yang mengguyur selama dua jam membuat tebing setinggi 6 meter dengan panjang 12 meter longsor dan menutup akses jalan utama. Material longsor berupa tanah dan batu ini membuat jalur tersebut putus total.

"Setelah mendapatkan laporan kita langsung melakukan pembersihan bersama teman-teman TNI, polisi dan masyarakat. Saat ini akses jalan sudah bisa dilalui," bebernya.

Meski begitu, proses pembersihan material longsor masih terus dilakukan oleh petugas hingga saat ini. Sebab belum semua material bisa dibersihkan dalam waktu satu hari.

"Ini proses pembersihan masih berlangsung jika cuaca mendukung sore sudah bersih," imbuhnya.

Daerah ini merupakan salah satu wilayah yang termasuk rawan bencana longsor. Kontur tanah yang masih labil membuat longsor bisa terjadi sewaktu waktu. BPBD mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk selalu waspada jika hujan deras terjadi.

"Masyarakat harus waspada, jika merasa tidak aman harap segera mengungsi," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter