Hasil Karya Mahasiswi di Surabaya ini Tembus Pasar Singapura

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Arifatul Aininta Mardjoni memamerkan karya lukisan spray paint

jatimnow.com - Berbekal kreatifitas dan kemauan belajar, membuat mahasiswi di salah satu universitas swasta di Surabaya ini menghasilkan karya sekaligus penghasilan tambahan.

Arifatul Aininta Mardjoni, mahasiswi Universitas Narotama ini membuat lukisan dengan teknik spray yang dipelajarinya secara otodidak dengan browsing di dunia maya. Berbagai gambar indah karya mahasiswi jurusan Ilmu Hukum ini terjual hingga ke Singapura.

"Awalnya sih memang sulit karena kan belajar sendiri. Tapi karena memang suka dan tertarik sekali dengan metode spray paint ini, jadinya dicoba terus sampai bisa. Alat-alatnya pun beli sendiri saking pengen bisanya,” kata Arifatul Aininta. Rabu (20/2/2019).

Nita lebih sering melukis dengan spray paint ketika berada di rumahnya di Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah. Sebab, membuat lukisan spray paint membutuhkan lokasi yang luas saat menyemprotkannya pada media lukis.

"Sulit untuk bikin ketika ada di Surabaya, karena saya di sini kan ngekos, tempatnya tidak luas," katanya.

Lukisan spray paint itu kemudian ia pajang di media sosialnya dan mendapatkan cukup banyak apresiasi. Ia pun mulai mencoba menjual lukisannya ke teman-temannya, salah satunya pada temannya yang berada di Batam.

"Sebenarnya waktu itu niatnya nitip teman agar dijualkan, ternyata di Batam tidak laku. Saat teman saya itu sedang ke Singapura, lukisan-lukisan itu malah laku banyak. Ada sekitar 15 lukisan spray paint saya yang terjual," cerita perempuan kelahiran 5 Mei 1997 itu.

Kedua orangtua Nita juga mendukung hobinya yang berhubungan dengan  kesenian dibanding ilmun yg ditekuni di dunia kampusnya.

"Di kantor ayah juga ada lukisan spray paint saya dipajang di dinding. Itu bentuk dukungan mereka," katanya.

Saat ini, Nita juga mengembangkan kegemaran melukisnya menggunakan cat air. Lukisan Nita memiliki kekhasan pada gambar portrait dengan ornamen bunga. Ia sudah banyak menerima pesanan dari teman-teman dan orang lain.
"Terakhir dapat pesanan dari Papua. Sempat ragu karena jauh tapi untungnya bisa selesai dan sampai di lokasi tepat waktu," katanya.

Nita juga aktif mengikuti komunitas lukis di Surabaya agar bisa terus mengasah kreativitasnya dengan berbagai media lukis dan berbagai genre. Ke depan, Nita mengaku ingin membuka pameran karya lukisannya.

"Pengennya buka pameran bareng-bareng sama temen-temen komunitas. Terdekat ada pasar seni Asia di Jakarta. Pengennya ikutan dengan bikin merchandise, bisa mug, totebag, atau gantungan kunci, biasanya paling banyak sih permintaan mug," ujarnya.

Nita juga sempat beberapa kali diminta membuat ilustrasi untuk produk milik temannya, salah satunya ilustrasi untuk packaging kopi yang dijual temannya.

"Bisa juga dipakai untuk desain undangan atau kartu ucapan. Biasanya itu juga banyak yang pesan," tutupnya.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter