Kartar Surabaya Perkenalkan Program Bank Jelantah

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Warga menyetorkan jelantah ke Bank Jelantah Kartar Surabaya.

jatimnow.com - Untuk mengurangi pencemaran lingkungan khususnya pada limbah minyak, Karang Taruna Surabaya beserta Komunitas Sahabat Bumi mengadakan Bank Jelantah (minyak goreng bekas) di Kantor Karang Taruna (Kartar) di Gelora 10 November, Jalan Tambaksari, Surabaya, (1/4/2018).
 
Zubaidilah, Direktur Bank Jelantah Kartar Surabaya mengatakan, launching Bank Jelantah bertujuan untuk mengenalkan program Kartar Surabaya.
 
Selain untuk menghidupkan Kartar sampai tingkat bawah, karena dengan kegiatan Bank Jelantah Kartar bisa mendapatkan income langsung untuk kemandirian organisasi.
 
"Karena selama ini jelantah banyak yang dibuang begitu saja, apalagi di selokan atau sungai. Kan menjadi pencemaran lingkungan. Jadi dengan Bank Jelantah ini, Kartar ingin ikut mengurangi pencemaran," ujar Zubaidilah.
Tim Bank Jelantah Kartar Surabaya
 
Untuk minyak jelantah yang disetorkan per 1,5 liter dihargai Rp 2.500. Menurut Zubaidilah masyarakat sangat antusias saat menyetorkan minyak jelantah dipusat pengumpulan Bank Jelantah.
 
Setelah diterima jelantah ini nantinya akan disetor ke komunitas sahabat bumi yang akan dikirim ke pabrik untuk dijadikan bahan bakar biodiesel. Dan Kartar Surabaya sendiri mencoba untuk membuat sabun dari bahan dasar jelantah.
 
"Setelah diterima, jelantah kita setor ke komunitas sahabat bumi yang akan dikirim ke pabrik untuk dijadikan bahan bakar biodiesel. Dan kita nanti akan mencoba membuat sabun dari bahan dasar jelantah. Malam ini kita bikin sabun dari jelantah di Kecamatan Tenggilis," tambahnya.
 
Zubaidilah menambahkan kedepannya akan disosialisasikan sampai tingkat bawah dan ada tim untuk pengambilan.
 
"Karena ada koordinator wilayah untuk mempermudah pengumpulan," tambahnya.
 
Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter