Di Surabaya Ada Satpoltik, Trenggalek Punya PraWan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Tim PraWan Satpol PP Kabupaten Trenggalek

jatimnow.com - Jika di Surabaya ada Satpoltik (Satpol Cantik), di Trenggalek punya Tim PraWan atau Praja Wanita. Tim ini merupakan bentukan Satpol PP di kabupaten yang dipimpin  Wakil Bupati Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin tersebut.

Tim PraWan Trenggalek beranggotakan 11 wanita pilihan yang sehari-hari menjalankan tugas Satpol PP dengan mengedepankan tindakan persuasif dan humanis.

Kepala Satpol PP Kabupaten Trenggalek, Ulang Setyadi menyebut, Tim PraWan ini bertugas melakukan sosialisasi peraturan daerah.

Menurutnya, sebelum peraturan tersebut ditegakkan, harus ada sosialisasi dan pendekatan secara persuasif dan humanis. Sedangkan untuk penegakannya, dilakukan tim lain.

"Jadi masyarakat bisa memahami peraturan tersebut dengan baik sebelum penegakan mulai diberlakukan," ujarnya, Senin (04/03/2019).

Tim PraWan juga melakukan sosialisasi nomor layanan informasi dan pusat pengaduan. Masyarakat bisa segera melaporkan adanya kejadian maupun peristiwa lain melalui nomor telepon yang tersedia. Selain itu, mereka juga bisa melaporkan adanya aktivitas yang meresahkan masyarakat.

"Seperti adanya gerombolan anak jalanan atau adanya orang gila yang membahayakan, bisa segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti," tambahnya.

Tim ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin. Pelaksana wewenang dan tugas Bupati Trenggalek ini berharap, Tim PraWan bisa mengikis kesan sangar dan garang, yang biasa melekat pada petugas Satpol PP.

"Ini merupakan bentuk inovasi agar lebih humanis dan meninggalkan kesan garang atau tidak ramah kepada masyarakat," sambung Cak Ipin.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter