Dindik Sanggupi Perbaikan Atap Kelas SD di Ponorogo yang Ambruk

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Atap ruang kelas SDN 1 Karangjoho, Badegan, Ponorogo yang ambruk

jatimnow.com - Peristiwa ambruknya atap di ruang kelas III SDN 1 Karangjoho, Badegan sudah sampai ke telinga Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo.

"Sudah, kami sudah mengetahui bahwa ruang kelas tiga itu memang rapuh sejak 2018 lalu hingga ambrol," ungkap Kadindik Ponorogo, Tutut Erliana, Senin (4/3/2019).

Tutut menjelaskan, pembangunan ruang kelas tersebut telah dirancang dan akan dibangun pertengahan bulan Maret ini.

"Pertengahan bulan ini dikerjakan," jelas Tutut kepada jatimnow.com.

Baca juga:  Tak Kunjung Diperbaiki, Atap Kelas SD di Ponorogo Ambruk

Tutut bahkan menyebut jika tidak hanya SDN 1 Karangjoho saja yang mengajukan bantuan. Namun beberapa sekolah di Ponorogo juga harus antri untuk ditangani perbaikannya.

"Pengajuan proposal ke dinas ini kan banyak, jadi harus antri," tegas Tutut.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo, Tutut Erliana

Menurutnya, sebenarnya kerusakan gedung tersebut dapat diperbaiki dengan dana alokasi khusus (DAK). Namun rupanya pihak sekolah tidak memasukkan ke dalam data pokok pendidikan. Sehingga pemerintah pusat tidak dapat mengakses data kerusakan ruang tersebut.

Ia menambahkan, atas kendala itu, perbaikan gedung harus menggunakan dana alokasi umum (DAU) yang bersumber dari APBD.

Terpisah, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dindik Ponorogo, Imam Musholih memastikan perbaikan akan diprioritaskan dengan mengganti kontruksi atap yang ambruk.

"Ruang kelas III yang ambrol itu dan ruang kelas IV yang ada di dekatnya," ulas Imam.

Imam menyatakan sudah melakukan survei ke lokasi. Hasilnya, perbaikan hanya akan dilakukan untuk kontruksi atap saja, karena dinding ruangan menurutnya masih kokoh.

Diberitakan sebelumnya, atap kelas itu ambruk pada Sabtu (2/3/2019) lalu. Atap yang ambruk telah dilaporkan rapuh sejak Agustus 2018, tapi tak kunjung mendapat perhatian.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter