Wanita Melahirkan di Hutan Mengidap Gangguan Jiwa Sejak 5 Tahun Lalu

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Rumah keluarga ibu yang melahirkan di Hutan Blitar.

jatimnow.com Sri Wahyuni (35) Wanita yang melahirkan di hutan dan proses persalinannya dibantu polisi, ternyata mengalami gangguan jiwa sejak lima tahun lalu.

"Sakitnya sekitar lima tahunan," kata Sunasitah (45) ibu kandung Sri kepada jatimnow di rumahnya di Desa Tumpang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Senin (2/4/2018).

Ketika mengalami sakit gangguan jiwa, Sri sering kali keluar rumah. Sekitar satu setengah tahun lalu, Sri yang mengalami gangguan jiwa meninggalkan rumahnya.

"Lare niku bolak-balik medal saking griyo. Nate riyen kulo ten peken, larene mesti ucul. (Anak itu bolak-balik keluar rumah. Pernah dulu saya pergi ke pasar, anaknya pasti keluar)," kata Sukar (65) ayah kandung Sri.

Pihak keluarganya sudah mencari Sri sejak satu setengah tahun lalu, namun tak pernah bertemu. 

"Kulo nggih sampun madosi, tapi nggih mboten pirso. Menawi setahun setengah mboten wangsul. (Saya sudah mencarinya, tapi tidak pernah ketemu. Ada sekitar 1,5 tahun tidak pulang)," katanya.

Setahun setengah tak pernah bertemu, tiba-tiba keluarga dikejutkan dengan kabar Sri melahirkan di tengah hutan yang dibantu oleh dua petugas Polsek Lodoyo Timur (Lotim) Polres Blitar dan warga sekitar.

"Ngerti-ngerti larene sampun babaran. (Tahu-tahu anaknya sudah melahirkan)," katanya.

Sebelumnya, pada Minggu (1/4/2018) dinihari, dua anggota Polsek Lodoyo Timur sedang berpatroli. Ketika melintas di tengah hutan di Kembangan, Kembangarum, mendengar rintihan sakit seorang wanita.

Setelah dicari sumber suara tersebut, ternyata ada seorang wanita yang sedang melahirkan di pinggir jalan. Kemudian, Bripka Gaguk Sugiarto membantu proses persalinan. Sedangkan Bripka Tri Suyoko membantu menerangi serta merekam kejadian tersebut.

Sang bayi laki itu lahir dengan selamat dan Sri juga selamat. Ibu dan bayi itu pun dibawa ke Puskesmas Sutojayan. 

Saat ini, bayi tersebut dirawat di rumah bidan Rohayah di Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun. Sedangkan Sri, dirawat di rumahnya.

"Ngertose kabar nggih dikabari kalih Jogoboyo. Bayine sakniki wonten ten bidan. (Tahu kabar dari perangkat desa. Bayinya sekarang di bidan)," tutur Sukar.

 

Reporter: CF Glorian

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter