Teknologi Asgard, Bantu Petani Bercocok Tanam di Dalam Ruangan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Automatic Smart Garden

jatimnow.com - Sebuah alat untuk pertanian dibuat oleh 40 mahasiswa Teknik Komputer Stikom Surabaya Angkatan 2019. Mereka berkolaborasi membuat alat yang diberi nama Automatic Smart Garden (Asgard) dan dipamerkan dalam pameran bornsister di kampus Stikom, Rabu (6/3/2019).

Geraldhi Aditya Putra Mahayadnya mengatakan karya implementasi teknologi otomasi di sektor pertanian dan perkebunan ini diharapkan dapat membantu petani untuk melakukan cocok tanam di dalam ruangan.

Selain itu mahasiswa juga mendapat pandangan kedepan tentang revolusi industri 4.0 pada sektor tersebut.

"Dengan menggabungkan beberapa sensor yaitu sensor suhu, sensor kelembapan udara, sensor kelembapan tanah dan desain tempat. Menghasilkan alat yang canggih dan tepat bagi orang perkotaan yang tidak memiliki lahan lebih untuk bercocok tanam khususnya tanaman-tanaman dari pegunungan," kata Geraldhi Aditya Putra Mahayadnya.

Pembuatan alat itu caranya cukup mudah yakni dari beberapa sensor tersebut dirakit menjadi satu hingga mampu mengontrol beberapa unsur yang dibutuhkan tanaman.

"Alat itu mampu mengucurkan air, mengontrol kelembaban udara, suhu, dan cahaya yang dibutuhkan tanaman otomatis," katanya.

Dengan alat tersebut, tanaman dapat tumbuh tanpa paparan sinar matahari dengan cara menyalakan lampu grow light, dan lampu bohlam.

"Kebutuhan pencahayaan pada tanaman dikontrol sesuai jadwal menggunakan real time clock," ujarnya.

Sistem kerja alat itu, ketika tanahnya tidak stabil, kebutuhan air pada tanaman dibaca melalui sensor kelembaban tanah yang ditanam pada tanah dekat tanaman.

"Sehingga alat ini dapat mengeluarkan air. Ketika humidifier dinyalakan dapat menyetabilkan kelembapan udara secara otomatis yang dipasang di dinding alat," tukasnya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter