Polrestabes Surabaya Ungkap Kasus Order Fiktif Taksi Online

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan (tengah), saat acara konfrensi pers di Mapolrestabes Surabaya.

jatimnow.com - Polrestabes Surabaya berhasil menangkap 16 tersangka yang memanipulasi data penumpang taksi online.

Kapolrestabes Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan bahwa kasus tersebut beluma dari laporan perusahaan taksi online kepada Polrestabes Surabaya.

"Adanya laporan dari perusahaan angkutan online, kita dalami kita lihat adanya perbedaan dari yang semestinya ini terjadi beberapa kejanggalan," kata Rudi

Dalam aksinya Sat Reskrim Polrestabes Surabaya berhasil mengamankan 4 mobil, 1 motor dan 413 handphone serta beberapa rekening bank

Rudi menjelaskan, modus para tersangka sebagai driver di salah satu angkutan online, adalah membuat orderan fiktif dengan akun penumpang fiktif.

"Modus para tersangka sebagai driver di salah satu angkutan online, mereka membuat orderan fiktif dengan akun penumpang fiktif. Kemudian diterima seolah-olah mengantarkan dan memperoleh point  sejumlah 16 point dengan total tiap harinya 300 ribu dan seminggu mendapatkan 5 juta," ujar Rudi saat jumpa pers.

Dalam aksinya para tersangka mempunyai grup dan saling bertukar untuk memanipulasi seolah-olah ada penumpang dan ada order. Para tersangka adalah satu kelompok, dengan mekanisme biaya 80 persen diterima oleh mereka dan 20 persen untuk perusahaan.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter