Beredar Kunci Jawaban UNBK, Kadindik Jatim: Saya Yakin Itu Salah

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman.

jatimnow.com - Terkait kunci jawaban UNBK yang beredar dikalangan siswa SMK di Surabaya, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Dr Saiful Rachman meragukan kebenarannya.

Saat dikonfirmasi, Saiful mengatakan bahwa kunci jawaban soal mata pelajaran bahasa Indonesia yang beredar di hari pertama pelaksanaan UNBK itu, diyakini tidak akurat.

"Saya yakin jawaban itu salah. Sebab, setiap komputer jawabannya tidak ada yang sama," ujarnya, Senin (2/4/2018).

Bantahan itu menurut Saiful, karena UNBK seratus persen telah tersistem dengan pengawasan yang ketat, serta kontrol server yang selalu terpantau oleh panitia pusat dalam hal ini Kemendikbud.

“Saya yakin itu tidak mungkin, kalau itu ada cuma spekulasi saja. Karena UNBK sudah dijamin akurasinya. Sebab, server dan pengawasan UNBK sudah dipantau semua oleh pusat," kata mantan Kepala Balai Diklat Provinsi Jatim itu.

Baca juga: Diduga Bocor, Beredar Kunci Jawaban UNBK di Surabaya

Selain itu, pengawasan saat siswa mengerjakan soal UNBK di setiap kelas telah dipantau oleh CCTV.

"Sehingga, jika ada kecurangan pasti terpantau dan terbukti melalui rekaman. Kami punya bukti jika memang ada kecurangan,” tandasnya.

Beredarnya kunci jawaban UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini tengah ramai diperbincangkan. Muncul pertama kali di salah satu SMK wilayah Surabaya selatan melalui group jejaring sosial whatsapp.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter