Syukuran di Pasar, Plt Bupati Trenggalek Suapi Nenek Pedagang Kerupuk

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Plt Bupati Trenggalek M Nur Arifin atau Cak Ipin menyuapi nenek pedagang kerupuk di Pasar Pon

jatimnow.com - Ada momen menarik saat plt Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin menghadiri syukuran para pedagang di Pasar Pon, Senin (18/3/2019). Cak Ipin menyempatkan menyuapi seorang nenek pedagang kerupuk.

Menurut Cak Ipin, nenek pedagang kerupuk itu bernama Marinem yang biasa disapa Mbah Marinem.

Syukuran itu digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggelar syukuran bersama ratusan pedagang Pasar Pon karena para pedagang ini harus direlokasi setelah pasar ini terbakar Agustus 2018 lalu.

Dihadapan para pedagang, Cak Ipin menyampaikan beberapa pesan terkait persiapan pembangunan Pasar Pon yang rencananya akan dimulai tahun ini.

Dalam syukuran itu, Cak Ipin meminta kepada pedagang untuk menyepakati beberapa poin sebelum proses pembangunan dimulai. Beberapa pembahasan seperti lahan parkir dan adanya dualisme di lingkup paguyban pedagang harus disepakati terlebih dahulu agar setelah pasar jadi, mereka tidak lagi mempermasalahkan penataan ruang.

"Pedagang yang paling tahu kebutuhan mereka sendiri, jadi mereka harus bersepakat dan melakukan musyawarah," ujar Cak Ipin, Senin (18/03/2019).

Disinggung kapan pembangunan pasar akan dimulai, Cak Ipin mengaku masih menunggu keputusan dari pusat. Namun, beberapa hari lalu Cak Ipin melakukan komunikasi dengan kementerian perdagangan. Konsep pasar yang sesuai standart nasional akan diterapkan dalam pembangunan nantinya.

"Jadi Pasar Pon ini akan dilengkapi banyak fasilitas umum seperti ruang laktasi, tempat parkir dan lebih humanis," imbuhnya.

Terkait pendanaan pembangunan, Cak Ipin menunggu keputusan dalam bulan April 2019 ini. Apakah nantinya pembangunan akan dilakukan menggunakan dana dari pusat atau APBD. Jika sampai batas bulan itu pemerintah pusat belum melakukan keputusan, maka Pemkab akan segera melelang pembangunan pasar menggunakan dana APBD.

"Yang jelas tahun ini harus ada pengerjaannya. Saya tidak mau menunggu hingga tahun depan," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter