Pernikahan di Bawah Umur Terus Meningkat di Blitar

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

KantorKementerian Agama Kota Blitar.

jatimnow.com - Pada triwulan pertama di tahun 2018 ini setidaknya sebelas anak di Kota Blitar melangsungkan pernikahan. Pernikahan dini itu terjadi di tiga kecamatan yang ada di Kota Blitar.

Sebelas anak yang menikah diusia dini, terbagi menjadi sembilan peristiwa pernikahan.

Permasalahan hamil duluan lagi-lagi menjadi alasan utama jumlah pernikahan di Kota Blitar terus bertambah.

"Tertinggi di bulan Januari, ada 6 peristiwa pernikahan anak. Satu diantaranya peristiwa pernikahan merupakan pasangan anak dibawah umur atau melibatkan 7 anak. Bulan Februari ada satu anak yang menikah, dan bukan Maret ada 2 peristiwa pernikahan. Satu pasangan juga sama-sama dibawah umur," terang Kasi Binmas Islam di Kementrian Agama Kota Blitar Masrur di Kantornya Rabu (04/04/2018)

Dari peristiwa pernikahan anak tersebut, Kecamatan Sukorejo menyumbang lima peristiwa yang melibatkan enam anak.

Kecamatan Kepanjen Kidul ada tiga peristiwa dengan yang melibatkan empat anak.

Sedangkan untuk Kecamatan Sananwetan hanya menyumbang satu peristiwa saja yang keduanya, baik suami maupun istri masih dibawah umur.

"Jumlah ini tergolong meningkat. Karena di 2017 lalu, hanya ada empat belas peristiwa pernikahan anak sedangkan di tiga bulan awal sudah ada sembilan pernikahan. Jumlah ini bisa saja terus meningkat," katanya mengakui.

Untuk proses pernikahan bagi anak usia dibawah umur, pihak keluarga akan mengajukan permohonan dispensasi pernikahan ke pengadilan Agama, setelah sebelumnya mendapatkan surat penolakan pernikahan dari KUA terdekat.

Setelah pengadilan melakukan pemeriksaan kepada pihak keluarga, termasuk kedua mempelai dan wali nikah.

Setelah pengajuan disetujui, maka Pengadilan Agama akan mengeluarkan surat perintah kepada KUA untuk menikah mempelai.

"Kalau pengajuan ditolak berarti ngga bisa menikah, ditolak biasanya karena ada halangan syar'i. Dan sampai sekarang penolakan belum pernah terjadi," imbuhnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter