'3 In 1 World Traveller Magician', Gangga Peringati World Theatre Day

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Budi Sugiharto

Gangga Mascoditos akan tampil peringati World Theatre Day 2019

jatimnow.com - Peringati World Theatre Day 2019 yang diperingati, Rabu (27/32019) nanti, Gangga Mascoditos menyuguhkan pertunjukan teater yang bertitel '3 In 1 World Traveller Magician'.

Direncanakan, aksi yang dilakukan pada, Selasa (26/3) esok, Gangga sebagai world traveler magician akan beraksi di tiga negara dalam satu hari. Menurutnya, sebagai orang Indonesia, dirinya adalah bagian dari warga dunia yang harus menjaga keragaman dan sikap damai di dunia.

Aksi itu akan dimulainya dari Indonesia, yaitu Surabaya. Yang menarik, dua negara berikutnya tidak ditentukan dahulu. Ia akan melibatkan penonton aksinya di Surabaya, untuk ikut menentukan dua negara berikutnya.

Di sinilah ujian atas kemampuan Gangga sebagai traveller akan diuji. Ia harus benar-benar bisa memenuhi pilihan dari penonton untuk meneruskan perjalanannya ke dua negara berikutnya dalam satu hari.

"Untuk itu kami siapkan pilihan 27 kota di dunia namun masih wilayah Asia saja agar pencapaian tiga negara dalam satu hari itu akan tercapai," kata Gangga, Senin (25/3/2019).

Menurut Gangga, momentum World Theatre Day 2019 ini menurutnya penting untuk mendukung para pelaku teater terus berkarya. Pria lulusan FKH Unair itu tahu bahwa para pelaku di bidang seni belum mampu menjadikan teater sebagai penopang kehidupan yang mapan.

Bahkan para pelaku teater di Indonesia yang sudah besar pun dan total menjatuhkan pilihan di dunia seni masih dipandang sebelah mata perannya dalam kehidupan bahkan dalam lingkup masyarakat kecil.

"Padahal teater sama berpengaruhnya dengan seni musik, lukis atau film yang sudah memiliki penghargaan lebih tinggi dari masyarakat. Tapi teater belum semujur itu,” kata Gangga yang sudah beraksi di 24 negara di empat benua itu.

Dijelaskannya, dalam teater, semua aspek kesenian malah bisa menggabungkan beberapa unsur seni yang lain dalam sebuah karya yang bisa disaksikan oleh penonton. Bahkan ada yang menyatakan bahwa teater adalah untuk memanusiakan manusia.

"Untuk itu aksi saya di tiga negara ini saya pakai untuk berkampanye tentang betapa beragamnya kebudayaan dunia itu termasuk Indonesia maka kita sebagai warga dunia harus membuat kehidupan di dunia ini damai," tandas suami Prisca Harsono.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter