jatimnow.com

Inovatif, Begini Cara Besuk Tahanan Zaman Now di Tulungagung

Editor : Arif Ardianto Reporter : Bramanta Pamungkas
Besuk online di Polres Tulungagung 🔍
Besuk online di Polres Tulungagung

jatimnow.com - Polisi di Tulungagung memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan meluncurkan layanan besuk tahanan secara online.

Layanan ini memungkinkan keluarga tahanan di Polres bertatap muka dengan tahanan tanpa harus datang. Mereka bisa melakukan video call menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp, untuk bisa mengetahui kabar dan kondisi keluarganya yang ditahan.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar menjelaskan, layanan ini hanya bisa digunakan setiap hari Selasa dan Kamis, sesuai jam besuk tahanan. Untuk bisa menggunakan layanan ini, pihak keluarga harus mendaftarkan nomornya terlebih dahulu ke petugas. Nantinya saat jam besuk, tahanan akan menghubungi keluarga dengan video call.



"Setiap tahanan kita berikan waktu selama 10 menit untuk melakukan video call dengan keluarga," ujarnya, Senin  (25/03/2019).

Sebanyak tiga buah handphone sudah disiapkan dalam layanan besuk online ini. Setiap tahanan akan bergantian menggunakannya untuk menghubungi keluarganya, di sebuah ruang khusus. Waktu besuk online ini berkahir bersamaan dengan jam besuk reguler.

"Kita akan lakukan evaluasi lagi jika banyak yang meminati layanan ini maka waktu bisa kami tambah lagi," imbuhnya.

Adanya layanan ini dirasa sangat membantu tahanan dari luar kota. Salah satunya Wahyu Darmawan, tahanan asal Kota Mojokerto ini menggunakan layanan ini untuk mengetahui kondisi orang tuanya. Waktu yang diberikan oleh petugas selama sepuluh menit, dirasa sudah cukup mengobati kerinduannya pada keluarga.
"Sangat membantu apalagi keluarga saya jauh, saya tetap bisa mengetahui kondisi keluarga dengan layanan besuk online ini," pungkasnya.

Loading...

Loading...