Peringati Hari Film, Siswa SMK ini Sulap Halaman Sekolah Jadi Bioskop

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Acara nonton bioskop di halaman sekolah SMK di Surabaya

jatimnow.com - Memperingati Hari Film Nasional, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dr Soetomo Surabaya menggelar acara nobar film karya anak negeri. Sejumlah karya siswa juga ditampilkan untuk memeriahkan acara.

Pemutaran film ini dilakukan dengan mengubah halaman sekolah menjadi bioskop terbuka pada Sabtu (30/3/2019) malam.

 Kepala Keahlian Produksi Film SMK Dr Soetomo, Azhari Cahyono mengatakan, inisiatif menggelar bioskop terbuka di halaman sekolah sebagai apresiasi atas film Indonesia.

"Kami putar sebagai perayaan hari Film Nasional, apalagi film Sultan Agung muatannya pendidikan," kata Azhari.

Tak hanya membuat bioskop terbuka, siswa dilibatkan dalam menyiapkan bioskop dan diskusi film. Bahkan jurusan perhotelan digandeng untuk membuka stan makanan hingga layaknya bioskop sesungguhnya.

Syafitri Wulandari, siswa jurusan produksi film mengatakan, film buatan timnya berjudul Mateh dan film Surup berhasil dipilih untuk diputar sebagai perwakilan karya siswa dalam peringatan film nasional di sekolahnya.

"Film Mateh saya ini dari bahasa Madura artinya mati, ini genrenya horor dan ingin menyampaikan pesan moralnya untuk tidak melanggar petuah warga lokal tempat yang dikunjungi,"urainya.

Film Mateh yang berdurasi 15 menit ini dibuatnya dan timnya selama seminggu hingga ke Madura.

"Senang juga bisa diputar dan disaksikan orang banyak. Karena film Mateh ini baru selesai kami buat,"ujarnya.

Ia berharap melalui peringatan hari Film Nasional ini, lebih banyak wadah untuk diputarnya film indie. Sehingga lebih banyak penyuka film indie.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter