Rumuskan Pemberdayaan Petani, Pemkab Trenggalek Ikuti Boot Camp

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin saat di Boot Camp Bloomberg Harvard City

jatimnow.com - Bloomberg Harvard City Leadership Initiativ kembali menggelar Boot Camp di Kabupaten Trenggaek. Camp ini merupakan yang kedua kalinya digelar, dengan mendatangkan mentor dari Harvard, Amanda Noonan. Dalam camp ini mereka membahas hasil temuan Core Team yang sudah dibentuk sebelumnya, dan mendiskusikan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Sekertaris Bappedalitbang Kabupaten Trenggalek, Cusi Kurniawati menuturkan, ada 20 orang termasuk Plt Bupati Trenggalek, Mummad Nur Arifin yang masuk menjadi Core Team. Mereka sudah melakukan riset terkait inovasi kebijakan yang akan dibuat oleh Pemkab Trenggalek sejak bulan Noveber 2018 lalu.

"Sebelumnya kami mendapat pendampingan secara online sebelum digelar Boot Camp kedua ini," ujarnya, Senin (1/4/2019).

Dalam Boot Camp kedua ini, Core Team menyampaikan hasil temuan serta study referensi ke Solo Techno Park dan Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu. Pada akhir acara mereka melakukan Mid Point Presentation yang diharapkan bisa menjadi acuan pembuatan kebijakan.

"Diharapkan kebijakan yang dibuat ini benar-benar merupakan solusi dari permasalahan yang ada," imbuhnya.

Sementara Itu Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin menjelaskan, dalam program Bloomberg Harvard Leadership Initiativ ini pihak pemkab fokus kepada pemberdayaan petani dan penyuling minyak Atsiri. Hal ini dikarenakan hampir 60 persen masyarakat Trenggalek merupakan petani.

"Ini sudah masuk dalam tahap penggalian ide sebelum sampai pada prototype kebijakan," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter