Siap Gelar UNBK, SMPN 6 Surabaya Pastikan Tidak Ada Kebocoran Soal

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Komisi Sepuluh DPR RI saat mengunjungi SMPN 6 Surabaya.

jatimnow.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP akan di selenggarakan serentak pada tanggal 23-26 April 2018.

Terkait isu tentang adanya bocoran kunci jawaban, Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Sya'roni, memastikan tidak akan terjadi.

Sya'roni mengatakan bahwa soal-soal untuk peserta ujian diacak, dan menggunakan komputer.

"Mengenai isu itu, ujian kan belum terlaksana. Kami juga sudah ada peningkatan upaya, kalau dulu pakai kertas sekarang tanpa kertas. Dan soal-soal yang diberikan nanti acak. Jadi kalau belum terlaksana sudah bocor bagaimana mungkin jawaban soal itu yang dia dapat,  Jadi kedengarannya itu aneh," kata Sya'roni

Ia juga menambahkan menjelang UNBK 2018 yang merupakan tahun ke 4 Bagi sekolah tersebut, sudah mengatasi masalah eror pada tahun sebelumnya.

Jumlah siswa peserta ujian tahun ini di SMP Negeri 6 Surabaya sebanyak 340 siswa dan dua siswa yang gabung dari SMP Gracia.

"Jadi Siswa peserta ujian di SMP Negeri 6  saat ini sebanyak 340, dan ada dua siswa gabung dari SMP Gracia yang ikut di server kita," ujar Sya'roni kepada jatimnow.com, Kamis (5/4/2018).

Sya'roni mengatakan, untuk persiapan ujian tahun ini Insyaallah lancar.  Yang sebelumnya di bagi menjadi tiga sesi, saat ini menjadi dua sesi agar proses saat pengerjaan tidak memakan waktu.

"Kira kira kurang lebih 170 komputer disediakan, ditambah cadangan komputer 3-5 disetiap ruangan. Untuk jumlah siswa 25-30 dengan menyesuaikan kondisi ruangan masing masing," pungkasnya.

SMPN 6 Surabaya tahun ini mengaku siap menggelar UNBK, dengan dibagikannya komputer dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada tahun lalu. Server untuk pengerjaan Ujian Nasional Berbasis  Komputer di SMP Negeri 6 untuk tahun ini sudah siap digunakan.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter