Penyuluh KB Berhasil Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk di Ponorogo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Advertorial

Bupati Ipong dalam acara Pemantapan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Gedung Terpadu Pemkab Ponorogo

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk. Sesuai dengan data yang ada, laju pertumbuhan penduduk hanya 0,12 persen, dengan rata-rata seorang ibu mempunyai anak 2,08.

"Jika sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, kita sudah di bawah angka nasional. Harus bisa kita pertahankan," kata Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dalam acara Pemantapan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di halaman belakang Gedung Terpadu Pemkab Ponorogo, Selasa (2/4/2019).

Dengan hasil yang ada, Bupati Ipong mengapresiasi para penyuluh KB atau Pembantu Pembina Keluarga Berencana Daerah (PPKBD), karena bisa menekan laju pertumbuhan penduduk.

"Saat ini saya ingin berterimakasih pada PPKBD dan Sub PPKBD. Karena mereka relawan yang dengan ikhlas mengendalikan jumlah penduduk," tambah Bupati Ipong.

Ia menyebut, hasil kerja penyuluh KB dan PPKBD maupun sub-nya di Ponorogo sangat luar biasa.

"Jadi semua permintaan akan saya wujudkan. Tadi minta seragam, InsyaAllah akan diwujudkan," tegas Bupati Ipong.

Namun, ia berharap PPKBD tidak cepat puas denga hasil kerjanya. PPKBD harus bisa mempertahankan dan lebih giat lagi agar target dari pemerintah pusat bisa dikejar.

Sebab menurutnya, dengan menekan laju pertumbuhan penduduk, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penyuluh KB memang memiliki peran penting menekan laju pertumbuhan penduduk (LPP). Hasil sensus penduduk tahun 2010, LPP Ponorogo hanya 0,16 persen per tahun. Angka tersebut jauh di bawah Provinsi Jatim yaitu 0,76 persen dan nasional 1,49 persen. Bahkan hasil survei Sosial Ekonomi tahun 2017, LPP Ponorogo turun menjadi 0,12 persen.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter