Nafas Lega Ibu Penjual Ginjal di Medsos Demi Biaya Pengobatan Anak

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Menejemen RSUD dr Iskak Tulungagung dan petugas BPJS saat menjenguk Rafika dan bayinya di ruang perawatan

jatimnow.com - Rafika Dewi, ibu dari pasien bayi yang viral di media sosial karena menawarkan ginjalnya untuk biaya pengobatan bayinya, akhirnya bisa bernafas lega. Sebab, RSUD dr Iskak Tulungagung, tempat anaknya dirawat, berencana menggratiskan semua biaya pengobatan.

Humas RSUD dr Iskak Tulungagung, Muhammad Rifai menuturkan, menejemen rumah sakit sudah membahas masalah tersebut bersama jajaran direksi.

Hasilnya, rumah sakit akan memberi keringanan kepada keluarga pasien dengan membayar perawatan semampunya. Bahkan bila keluarga pasien sama sekali tidak mampu, biaya perawatan akan digratiskan.

"Kita akan lakukan survei terlebih dahulu, jika benar-benar tidak mampu, bisa kami gratiskan," ujar Rifai, Senin (8/4/2019).

Karena, lanjut Rifai, sesuai aturan rumah sakit, terdapat beberapa skema pembayaran bagi pasien yang tidak mampu. Di antaranya dengan menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah desa.

Baca juga: 

Sedangkan pada kasus ini, keluarga pasien tidak bisa mengurusnya karena status pernikahan siri. Selain itu, pasien bayi yang masih berumur 47 hari tersebut juga belum mempunyai kelengkapan dokumen.

"Komitmen kita adalah melayani semua pasien, baik yang mampu maupun kurang mampu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tulungagung, Indrina Damayanti yang ikut melihat kondisi pasien menyebut, BPJS akan membantu proses pendaftaran pasien menjadi peserta BPJS Kesehatan. Meskipun belum memiliki kelengkapan dokumen, tapi sesuai ketentuan masih bisa didaftarkan dengan kartu keluarga milik bapaknya.

"Kita bantu untuk proses pendaftarannya agar bisa dicover biaya dengan BPJS," ungkapnya.

Sosok Rafika menjadi viral di media sosial (medsos) setelah menawarkan ginjalnya untuk dijual sebagai biaya perawatan anaknya di RSUD dr Iskak melalui Facebook. Rafika mengaku bingung karena tidak mempunyai uang untuk membayar. Rafika mengaku, bayinya itu mengalami infeksi pusar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter