Unik, Seniman di Banyuwangi ini Jadikan Rambut Sebagai Lukisan

Ahmad Dimyati saat melukis gambar Bung karno menggunakan media rambut

jatimnow.com - Seorang pelukis di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, menjadikan rambut sebagai media berekspresi. Karya yang dihasilkan seniman ini berbeda dengan lukisan pada umumnya.

Pelukis rambut ini bernama Ahmad Dimyati atau yang akrab disapa Enang Rambut. Galeri sekaligus rumahnya beralamat di Jalan Anggrek nomor 15 Dusun Lugonto, Desa/Kecamatan Rogojampi.

Loading...

Enang mulai menekuni lukisan dari rambut itu di medio akhir tahun 2014. Secara tak sengaja, rambutnya yang gondrong menempel ke kanvas karena tersapu kipas angin, saat melukis menggunakan cat.

"Awal-awal ngelukis sama cat, tiba-tiba rambut saya nempel, langsung punya inspirasi dan cari rambut ke tukang cukur, langsung tak bikin," ujar Enang saat ditemui di rumahnya, Rabu (10/4/2019).

Bapak satu anak itu pun mulai menceritakan, bahwa lukisan awalnya dari rambut, menggambar seekor kucing. Menggunakan peralatan seperti cetok kecil, alat pencabut bulu, lem perekat, dan rambut.

"Gambarnya sekarang di Surabaya, di beli teman saya. Waktu itu, 2014 sekitar bulan November dihargai Rp 1 juta sama teman saya. Padahal saya nggak matok harga," kata dia.

Menurutnya, tingkat kesulitan melukis antara cat dengan rambut lebih sulit rambut. Sebab, kata dia, terkadang rambut yang akan dicampur dengan lem khusus yang dibuatnya itu berkumpul, yang disebutnya mbundel-mbundel atau sulit di cecer.

Melukis dengan rambut, lanjutnya, membutuhkan ketelitian yang lebih tinggi. Karena jika ada kesalahan tidak bisa dirubah. Untuk membuat satu lukisan yang berukuran 90x70 sentimeter, membutuhkan waktu antara 2 hingga 7 hari, tergantung tingkat kerumitannya.

"Tapi kalau ada yang keliru asal masih basah lemnya, bisa diperbaiki," akunya.

Untuk sebuah lukisan yang berukuran 90x70 sentimeter itu, kata pria yang mengaku mengidolakan Bung Karno itu, dibanderol seharga Rp 2 sampai 5 juta. Mengukur tingkat kedetailannya objek gambar.

"Saya punya lukisan keluarga Bung Karno yang dari rambut, saya buat karena saya ngefans ke beliau. Lebarnya 2 meter, panjangnya 1,5 meter. Itu saya buat awal tahun 2015 selama sebulan," kata Enang.

Berita Terkait