Tol Paspro Beroperasi, Jarak Tempuh Probolinggo-Pasuruan Jadi 30 Menit

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sandhi Nurhartanto

Peresmian Tol Pasuruan-Probolinggo/ foto Humas Pemprov Jatim

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Rabu (10/4/2019). Beroperasinya tol ini akan memangkas waktu signifikan perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

"Dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari sebelumnya 2,5 jam," kata Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Tol Paspro menjadi bagian dari proyek strategis nasional, sehingga menjadi prioritas bagi pemerintah. Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 2,9 triliun. Jalan tol ini mempunyai tiga gerbang tol (GT) yaitu GT Tongas, GT Probolinggo Barat, dan GT Probolinggo Timur.

"Kehadiran tol ini diharapkan dapat mendongkrak ekonomi Probolinggo dan sekitarnya," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km.

"Kalau kita lihat dari Cawang sampai Probolinggo sekarang sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat, dari Merak sampai Probolinggo tembus 962 km," kata Jokowi.

Ia kemudian menjelaskan target selanjutnya yakni menembuskan jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.148 km.

"Berarti kurang 186 km Insha Allah tembusnya tahun 2021," katanya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter