Berbekal Kunci Magnet Modifikasi, Bandit ini Sikat Dua Motor

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito Arry Saputra

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Bubutan Surabaya

jatimnow.com - Berbekal empat butir magnet yang dimodif menjadi alat pembuka penutup rumah kunci motor, bandit ini berhasil mencuri dua motor dalam sepekan. Bandit ini merakit kunci modifikasi untuk membuka penutup rumah kunci semua jenis motor tersebut dari internat.

Selain kunci magnet modifikasi, bandit motor bernama Rofik alias Tuweh ini juga membawa kunci letter T dan L untuk menjebol rumah kunci motor yang diincarnya. Pemuda 22 tahun asal Bangkalan, Madura ini dua kali menyasar motor yang terparkir di halaman minimarket, yaitu di wilayah Kenjeran dan Bubutan, Surabaya.

Namun, Rofik akhirnya ditangkap Tim Anti Bandit (TAB) Unit Reskrim Polsek Bubutan saat melakukan kring serse di wilayah hukumnya. Saat itu, anggota TAB curiga dengan gerak-gerik Rofik yang mondar-mandir di halaman salah satu minimarket.

"Anggota kami yang curiga langsung melakukan penggeledahan terhadap pelaku," ungkap Kapolsek Bubutan, AKP Christoper Adhikara Lebang, Kamis (11/4/2019).

Dan benar, dalam penggeledahan itu, TAB Polsek Bubutan menemukan kunci magnet modifikasi dan kunci letter T yang dibawa pelaku Rofik. Setelah diinterogasi, Rofik mengaku bahwa ia akan mencuri motor di minimarket tersebut.

"Setelah itu kami kembangkan ke TKP lain hingga kami mendapat alat bukti rekaman CCTV aksi pelaku di salah satu minimarket di wilayah Kenjeran," beber Christoper.

Dalam rekaman CCTV yang berhasil disita, pelaku Rofik terbukti mencuri motor hanya dalam waktu tiga menit.

"Pelaku mengaku belajar membuat kunci magnet modifikasi dari internet secara otodidak," tambah Christoper.

Sementara itu, Rofik mengaku baru dua kali melakukan pencurian motor yaitu di wilayah Kenjeran dan Bubutan.

"Baru dua kali, belajar dari internet. Untuk merakit kunci magnet modifikasi paling butuh waktu sekitar 15 menit. Itu bisa untuk semua motor matic. Motor saya jual Rp 4 juta ke madura. Uangnya untuk makan sehari-hari karena saya nggak kerja," aku Rofik.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter