Jatim Memilih

PSI Ancang-ancang Berikan Dukungan ke Gus Ipul

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Gus Ipul ketika bertemu dengan Tsamara di Surabaya

jatimnow.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak memiliki wewenang mengusung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti).

Meski partai yang masih fresh ini, berancang-ancang memberikan dukungan untuk paslon Gus Ipul-Puti di Pemilihan Gubernur Jatim 2018.

Hal itu ditunjukkan dengan pertemuan antara Ketua DPP PSI Tsamara Amany dengan Gus Ipul, di sebuah hotel di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

"Kami ingin menyampaikan pikiran dan bisikan hati saya tentang apa yang akan saya lakukan kalau saya dan Mbak Puti diberikan kepercayaan oleh PSI untuk memimpin Jatim ke depan," ujar Gus Ipul di sela pertemuan dengan Tsamara.

Pembangunan di Jatim, kata Gus Ipul,  dilakukan oleh dan untuk semua kalangan, termasuk dengan kalangan anak muda, generasi milenial. Hal ini sesuai dengan program yang ia gagas, "Kabeh Sedulur Kabeh Makmur".

"Pembangunan dilakukan untuk baik di kota-desa, untuk kalangan tua-muda-anak juga. Untuk semuanya. Tidak ada yang boleh tertinggal," tuturnya. 

Gus Ipul berharap dengan semangat solidaritas dapat membangun persaudaraan dengan PSI. 

"Kami ingin menjadi bagian dari PSI, Sedulure PSI. Kemudian, kita makmurkan Jawa Timur bersama-sama. Kami berharap nantinya akan ada titik temu pasca pertemuan hari ini," ujar Wakil Gubernur Jatim dua periode beraama Gubernur Soekarwo.

Sementara itu, Tsamara menerangkan bahwa, pertemuan hari ini menjadi awal dari langkah PSI untuk bergabung di barisan partai pengusung dan pendukung Gus Ipul dan Mbak Puti. 

"Pertemuan ini adalah bagian dari penjajakan. Kemungkinan untuk bisa bersatu itu pun semakin terbuka," kata Tsamara.

Petinggi DPP PSI ini memberikan penilaian terhadap paslon Gus Ipul dan Mbak Puti telah memenuhi beberapa kriteria sebagai calon pemimpin harapan masa depan. Di antaranya jauh dari isu korupsi dan jauh dari kebijakan yang intoleran.

 "Oleh karenanya, PSI memiliki peluang besar bersama Gus Ipul," tuturnya.

Selain itu, dari sisi personal, Gus Ipul juga dinilai sebagai figur merakyat yang mudah untuk diajak diskusi hingga bercanda dan bisa serius.

"Beliau adalah Gus yang enak untuk diajak guyon," urainya.

Sebagai pimpinan partai yang dikenal dengan anak mudanya ini mengapresiasi program Gus Ipul-Puti yang akan memberdayakan kalangan Milenial, baik Milenial santri maupun kota. 

"Program ini sangat penting. Apalagi Jawa Timur ke depan akan menghadapi bonus demografi. Dimana jumlah angkatan kerja akan melimpah," ujarnya.

Tsamara menambahkan bahwa Gus Ipul bukan satu-satunya kandidat yang membuka komunikasi dengan pihaknya. "Namun kami dapat memastikan bahwa kandidat yang diusung PSI sesuai dengan DNA pikiran PSI," tegas Tsamara.

Menurut Tsamara, Jatim menjadi salah satu daerah prioritas yang akan dimenangkan di pilkada mendatang. Mengingat, Jatim merupakan kombinasi basis Nahdliyin dan Nasionalis yang kuat. "Oleh karena itu, Jatim menjadi sangat penting bagi kami," katanya.

Nantinya, apabila pihaknya memutuskan untuk bergabung dengan Gus Ipul, ia menjanjikan soliditas tim pemenegan. 

"Kekuatan PSI salah satunya adalah di tim Milenial dsn kekuatan media sosial," jelasnya.

 

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter