Rekor Ikan 7 Kilo Pada Fishing Festival Banyuwangi

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Pemenang lomba 1,2, & 3 Banyuwangi Fishing Festival 2018.

jatimnow.com - Banyuwangi Fishing Festival yang diselenggarakan di Pantai Grand Watu Dodol, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, berjalan sukses, Sabtu (7/4/2018). Ikan jenis Amber Jack seberat 7,66 kilogram berhasil tampil sebagai pemenang.

Sang juara, Samsi asal Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro memperoleh ikan Amber Jack seberat 7,66 kg tersebut di titik 150 kilometer dari bibir pantai.

Diposisi kedua ditempati oleh Hariyanto dari Kelurahan Kebalenan yang mendapatkan Kakap  Merah seberat 5,72 kilogram, dan disusul Istiawan seorang nelayan di Pantai Boom yang berhasil menaikkan Creezy fish seberat 4,94 kilogram.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan (Disperipangan) Hari Cahyo mengatakan, fishing festival ini untuk memperingati Hari Nelayan yang jatuh pada 6 April lalu. Berkolaborasi dengan asosiasi kelompok usaha bersama nelayan dan kelompok sadar wisata dari berbagai daerah.

"Tujuannya, selain memfasilitasi penghobi mancing juga mengedukasi bagaimana cara menangkap yang benar. Selain juga meningkatkan sektor pariwisata dan edukasi konservasi alam laut," kata Hari kepada jatimnow.com.

Dalam kegiatan ini, selain melibatkan para penghobi mancing juga melibatkan nelayan dari berbagai daerah seperti, Probolinggo, Bondowoso, Jakarta, Tangerang serta nelayan lokal Banyuwangi dan beberapa tempat lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Abdul Aziz mengatakan, dari kegiatan ini juga ingin mensosialisasikan bahwa dengan melakukan konservasi laut secara kontinyu maka ikan-ikan akan berkembang biak ataupun datang dengan sendirinya.

"Ikan-ikan itu akan datang dan gak akan habis apabila kita mau memanajemen pola pencarian ikan, merawat keberadaan terumbu karang yang menjadi tempat ikan untuk mencari makan," papar Aziz.

Aziz menambahkan, kegiatan ini merupakan bukti setelah 4 tahun yang lalu pihaknya melakukan penanaman terumbu karang.

Kini, ikan tangkapan seperti Amber Jack, Jaran Gigi, Kerapu, Tambak Moncong, Kakap Merah maupun ikan hias lainnya menghiasi alam bawah laut ini.

"Kini hasilnya sudah kelihatan. Buktinya dari 475 peserta hanya sebagian kecil tidak dapat ikan. Bagi pemenang 1 kita beri penghargaan uang Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 2 juta, dan juara 3 Rp 1,5 juta serta piala," beber Aziz.

Sebelumnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ini diluar ekspektasi, banyaknya peserta yang ikut.

Kegiatan ini sekaligus mendorong menjaga pantai dan meningkatkan minat para pemancing. Sekaligus dorongan kepada kelompok sadar wisata menjaga pantai.

"Harapan saya kedepan, supaya titik-titik pantai semua bisa menjadi even festival. Sekaligus ini sebagai dorongan kepada kelompok sadar wisata menjaga dan merawat pantai," kata Anas.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter